Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi model blended learning di SD Negeri 4 Moutong dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Moutong sebanyak 20 siswa. Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan berbagai instrumen. Penilaian pengetahuan siswa dilakukan menggunakan tes soal pilihan ganda, penilaian keterampilan siswa diukur menggunakan penilaian portofolio, sedangkan penilaian sikap diukur menggunakan lembar observasi, penilaian diri, dan penilaian teman sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yakni pada kegiatan awal/ pra siklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71 dengan persentase ketuntasan 50% meningkat pada siklus 1 dengan rata-rata hasil belajar 73 namun persentase ketuntasan masih pada 50%. Kemudian pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80 dengan persentase ketuntasan 90% dan aktivitas siswa meningkat dari 41% pada siklus 1 menjadi 83% pada siklus 2. Kesimpulannya siswa dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 75 dengan menggunakan model blended learning.
Copyrights © 2020