Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2020): November

Implementasi Metode Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa PAI di Era New Normal Covid-19 Kelas IV SD Negeri 4 Moutong

Zaenab Zaenab (SD Negeri 4 Moutong, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi model blended learning di SD Negeri 4 Moutong dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Moutong sebanyak 20 siswa. Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan berbagai instrumen. Penilaian pengetahuan siswa dilakukan menggunakan tes soal pilihan ganda, penilaian keterampilan siswa diukur menggunakan penilaian portofolio, sedangkan penilaian sikap diukur menggunakan lembar observasi, penilaian diri, dan penilaian teman sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yakni pada kegiatan awal/ pra siklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71 dengan persentase ketuntasan 50% meningkat pada siklus 1 dengan rata-rata hasil belajar 73 namun persentase ketuntasan masih pada 50%. Kemudian pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80 dengan persentase ketuntasan 90% dan aktivitas siswa meningkat dari 41% pada siklus 1 menjadi 83% pada siklus 2. Kesimpulannya siswa dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 75 dengan menggunakan model blended learning.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...