Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 2 No. 2 (2021): May

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SD NEGERI SERAWI

Sri Wahdah Aminy (SD Negeri Serawi, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bisa atau tidaknya penerapan model discovery dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi aku cinta nabi dan rasul di SD Negeri Serawi. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Serawi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I, siklus II dan Siklus III. Pada Siklus I diketahui 6 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 40%, pada siklus II diketahui 8 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 53%, pada siklus III diketahui 14 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 93%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Serawi Kecamatan tapin Tengah dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Aku Cinta Nabi dan Rasul.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...