Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas 1 SD Negeri 52 Kendari mata pelajaran PAI melalui metode cooperative learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Materi yang dibahas tentang Bersuci dengan melibatkan subyek penelitian sebanyak 20 siswa. Tekknik pengumpulan data berupa observasi dan pemberian tes hasil belajar tiap akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I, daya serap klasikal mencapai 70,8%, ketuntasan klasikal mencapai 78,57%, aktifitas siswa rata-rata mencapai 40% dengan kategori kurang. Akan tetapi pada siklus II diperoleh persentase sangat baik dengan daya serap klasikal 76%, ketuntasan klasikal mencapai 100% dan aktifitas siswa mencapai 96,42% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian dapat dikatakan bahwa metode cooperative learning meningkatkan kemampuan siswa pada mata pelajaran PAI di kelas 1 SD Negeri 52 Kendari.
Copyrights © 2021