Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 2 No. 2 (2021): May

UPAYA MENINGKATAN PENGUASAAN MATERI BERSUCI MATA PELAJARAN PAI MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 52 KENDARI

Niny Erningsih Marsuddin (SD Negeri 52 Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas 1 SD Negeri 52 Kendari mata pelajaran PAI melalui metode cooperative learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Materi yang dibahas tentang Bersuci dengan melibatkan subyek penelitian sebanyak 20 siswa. Tekknik pengumpulan data berupa observasi dan pemberian tes hasil belajar tiap akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I, daya serap klasikal mencapai 70,8%, ketuntasan klasikal mencapai 78,57%, aktifitas siswa rata-rata mencapai 40% dengan kategori kurang. Akan tetapi pada siklus II diperoleh persentase sangat baik dengan daya serap klasikal 76%, ketuntasan klasikal mencapai 100% dan aktifitas siswa mencapai 96,42% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian dapat dikatakan bahwa metode cooperative learning meningkatkan kemampuan siswa pada mata pelajaran PAI di kelas 1 SD Negeri 52 Kendari.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...