Proceeding Biology Education Conference
Vol 8, No 1 (2011): Prosiding Seminar Nasional VIII Biologi

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER CALON GURU BIOLOGI PADA 3 VARIAN MULTIMEDIA YANG BERBEDA

Mariana Mariana (Unknown)
Zulkifli Zulkifli (Unknown)
Ermina Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2011

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan  tiga varians multimedia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis calon guru biologi pada konsep embriologi manusia. Multimedia yang digunakan adalah varian-1 yang terdiri dari unsur animasi dan narasi, varian-2 terdiri dari unsur animasi, narasi, dan musik, serta varian-3 terdiri dari unsur animasi, narasi, musik, dan teks. Penelitian ini dilaksanakan di FKIP program studi pendidikan biologi semester IV pada tahun ajaran 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan adalah Weak Experimental The Static Group comparison Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian diambil sebanyak tiga kelas merupakan seluruh populasi yang terdiri dari tiga kelas paralel. Pengumpulan data dilakukan melalui tes awal dan tes akhir pada keterampilan berpikir kritis dan  angket siswa dan wawancara guru terhadap tiga varian multimedia yang digunakan. Data dianalisis dengan uji beda rerata one-way anova. Rerata N-Gain pada kelas multimedia varian-1, varian-2,  dan varian-3 adalah 0,35, 0,51 dan 0,41. Guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan multimedia. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ketiga varian multimedia berbeda secara signifikan  dalam  dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis calon guru biologi. Multimedia varian-2 secara signifikan lebih efektif dibandingkan varian-1 dan varian-3.   Kata kunci:  Berpikir kritis, Pendidikan karakter, Multimedia.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

prosbi

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Proceeding Biology Education Conference was published since 2003, with title Prosiding Seminar Nasional Biologi. The early number of the journal were published ...