TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (April 2020)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBAGIAN BILANGAN DESIMAL DENGAN MEDIA VISUAL SLIDE MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA

sugiyanto giyanto giyanto (salatiga)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripkan proses pembelajaran pada materi pembagian bilangan pecahan biasa dengan pecahan desimal dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri kutowinangun 10 kecamatan tingkir kota salatiga Thun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dirancang menggunakan 2 siklus. Data diambil dari tes dan non tes. Hasil belajar menunjukkan materi pembagian bilangan pecahan biasa dengan pecahan desimal dengan media visual slide menggunakan metode tutor sebaya mengalami peningkatan, dari 23 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM 60 hanya 20% pada siklus I meningkat menjadi 90 % pada siklus II. Perubahan perilaku siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

trisala

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan P-ISSN: 2443-2180 & E-ISSN: 2443-2199 merupakan media publikasi ilmiah para peneliti akademis, pendidik, dan masyarakat pemerhati pendidikan untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka, saling bertukar ide baru, menyebarkan informasi dalam karya inovatif, juga ...