cover
Contact Name
Winarno
Contact Email
trisala.salatiga@gmail.com
Phone
+6285729356143
Journal Mail Official
trisala.salatiga@gmail.com
Editorial Address
Seketariat Jurnal Trisala Bidang Ketenagaan pada Dinas Pendidikan Kota Salatiga Jl. LMU Adi Sucipto No.2 Salatiga 50714 Telp. (0298) 324979
Location
Kota salatiga,
Jawa tengah
INDONESIA
TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan
ISSN : 24432180     EISSN : 24432199     DOI : https://doi.org/10.54211/trisala.v1i19.198
Core Subject : Education, Social,
TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan P-ISSN: 2443-2180 & E-ISSN: 2443-2199 merupakan media publikasi ilmiah para peneliti akademis, pendidik, dan masyarakat pemerhati pendidikan untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka, saling bertukar ide baru, menyebarkan informasi dalam karya inovatif, juga untuk mempromosikan teknologi pendidikan. TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan mengundang para penulis untuk mengembangkan artikel, terutama yang merupakan hasil-hasil penelitian kontemporer di bidang pendidikan. Artikel yang dikirim harus memenuhi kritenia APIK (Asli,Perlu,Ilmiah,Konsisten) dan berdampak signifikan terhadap pengembangan dunia pendidikan. Semua artikel yang diterima akan direview oleh peer reviewed, dan artikel yang lolos peer reviewed akan dipublikasikan secara online. TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan terbit sebanyak tiga nomor dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus dan Desember.
Articles 90 Documents
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBAGIAN BILANGAN DESIMAL DENGAN MEDIA VISUAL SLIDE MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA sugiyanto giyanto giyanto
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (April 2020)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.498 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v1i16.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripkan proses pembelajaran pada materi pembagian bilangan pecahan biasa dengan pecahan desimal dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri kutowinangun 10 kecamatan tingkir kota salatiga Thun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dirancang menggunakan 2 siklus. Data diambil dari tes dan non tes. Hasil belajar menunjukkan materi pembagian bilangan pecahan biasa dengan pecahan desimal dengan media visual slide menggunakan metode tutor sebaya mengalami peningkatan, dari 23 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM 60 hanya 20% pada siklus I meningkat menjadi 90 % pada siklus II. Perubahan perilaku siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran.
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “ 5M-BISA” BAGI SISWA KELAS VII dian kurniawati
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2019)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.72 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v2i14.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran”5M-Bisa” untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis aksara Jawa pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Salatiga semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dengan menggunakan 2 siklus. Data diambil dari hasil tes dan nontes. Hasil tes menunjukkan bahwa kemampuan menulis aksara Jawa siswa dengan menggunakan model pembelajaran “5M-Bisa” mengalami peningkatan, dari ketuntasan klasikal 25% pada siklus I dan 39% pada siklus II. Perubahan perilaku siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran.
TGT BERMETUDO BARU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG SDN KALICACING 02 Intan Permana
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2019)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.88 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v2i14.19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik materi bangun ruang. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis melakukan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) berbantuan media pembelajaran Kartu Domino Bangun Ruang (Bermetudo Baru). Tahapan TGT meliputi class presentation, teams, games, tournament, dan team recognition. Bedasarkan analisis data diperoleh hasil akhir yang memperlihatkan peningkatan aktivitas yang cukup signifikan, sebanyak 3 peserta didik (18,75%) mendapat predikat sangat baik, 10 peserta didik (62,50%) mendapat predikat baik, dan sisanya dengan predikat cukup baik. Sedangkan hasil belajar sebesar 75% peserta didik dinyatakan tuntas belajar dengan nilai rata-rata 68,19. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa, “Pemanfaatan Model TGT Bermetudo Baru dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Peserta Didik Kelas VI SDN Kalicacing 02 Salatiga Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019”.
METODE PERMAINAN ESTAFET CAPING RAMAYANA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR CERITA RAMAYANA PEKSI JATHAYU Ayomi Palupi Irawati
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2019)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.518 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v2i14.20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar memahami cerita wayang Ramayana Peksi Jathayu menggunakan metode permaianan estafet caping Ramayana pada siswa kelas VIIIE SMP Negeri 8 Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket questioner dan tes, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar memahami cerita Ramayana Peksi Jathayu. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari bertambahnya motivasi belajar siswa yang berdampak pada ketuntasan belajar siswa. Persentase rata-rata dari semua aspek penilaian motivasi pada siklus 2 mencapai 95.19 % dari kondisi awal 38.65 %, hasil belajar pada siklus 2 nilai rata-rata siswa menjadi 82.03 memiliki ketuntasan belajar 76.92% dari kondisi awal nilai rata rata siswa 53.65 memiliki ketuntasan belajar 15.38%
DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SHORT DAN STIK BERBICARA DAPAT MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PAI TENTANG QS. AL-INSYIRAH DAN QS AT-TIN BAGI PESERTA DIDIK KELAS IXD SMP NEGERI 4 SALATIGA SEMESTER GASAL TAHUN 2018/2019 Salman Bambang Hariyanto
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 5 No 3 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Desember 2019)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.563 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v3i15.23

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PAI tentang QS Al-Insyiroh dan QS At-Tin bagi peserta didik kelas IXD SMP Negeri 4 Salatiga pada semester Gasal Tahun 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas ini dirancang menggunakan 2 siklus, adapun masing – masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, kemudian masing – masing siklus setelah diadakan pembahasan dan pelaksanaannya selama proses pembelajaran, kemudian diakhiri dengan tes tertulis, kemudian hasil belajar tersebut dianalisa dan direfleksi untuk mengetahui keberhasilan tujuan penelitian sesuai yang telah dirumuskan. Hasil tindakan yang peneliti laksanakan yaitu dengan melihat nilai pada kondisi awal yang mengalami rata rata hanya mencapai nilai 64,0 sedang setelah dilaksanakan tindakan pada siklus pertama meningkat menjadi 74,6. ini mengalami peningkatan yang sangat berarti sebesar 10,6 sedangkan pada siklus kedua mencapai nilai rata – rata 80,9 dibandingkan dengan nilai pada kondisi awal mengalami kenaikan sebesar 16,9. Kata kunci: aktifitas belajar, hasil belajar, card short dan stik berbicara.
MENUMBUHKAN BUDAYA MEMBACA MELALUI PROGRAM LITERASI DI SMP N 5 SALATIGA Ika Tyasing Kusumawati
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2019)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (44.587 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v2i14.28

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya dan strategi yang dilakukan untuk menumbuhkan budaya membaca melalui program literasi di SMP Negeri 5 Salatiga. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Yang menjadi focus penelitian adalah upaya menumbuhkan budaya membaca melalui program literasi di SMP Negeri 5 Salatiga dengan subyek kepala sekolah, guru, siswa, dan tenaga pustakawan di SMP Negeri 5 Salatiga. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan berdasarkan deskriptif kualitatif. Hasil dan analisis data dapat disimpulkan bahwa upaya dan strategi yang dilakukan untuk menumbuhkan budaya membaca di SMP Negeri 5 Salatiga antara lain menyediakan fasilitas perpustakaan yang bagus dan nyaman, memperbarui koleksi buku perpustakaan, menyediakan berbagai layanan perpustakaan, kegiatan membaca buku sebelum pelajaran dimulai, reading time (jam perpustakaan), kegiatan ekstrakurikuler majalah dinding, pojok baca, kunjungan perpustakaan, dan kerja sama dengan pihak luar.
PENERAPAN MEDIA POTCER MELALUI METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IX F SMP NEGERI 6 SALATIGA MUS RIN
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2019)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.331 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v2i14.29

Abstract

Penelitian ini ada dua tujuan yang hendak dicapai, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum adalah meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia bagi siswa kelas IX F SMP N 6 Salatiga, sedangkan tujuan khusus adalah meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada teks eksemplum bagi siswa kelas IX SMP N 6 Salatiga melalui media POTCER. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan dua siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas diperoleh data keaktifan siswa pada kondisi awal masih banyak yang belum memperhatikan, belum berani menyampaikan pendapat, belum berani menjawab pertanyaan, dan hasil kerjanya masih rendah. Siklus I Sebagian kecil siswa sudah memperhatikan, sudah berani menyampaikan pendapat, sudah berani menjawab pertanyaan, dan hasil kerjanya cukup. Sedangkan pada Siklus II Sebagian besar siswa sudah memperhatikan, sudah berani menyampaikan pendapat, sudah berani menjawab pertanyaan, dan hasil kerjanyapun sudah tinggi. Sementara hasil belajar siswa dari kondisi awal yang semula hanya rata-rata 61.69, dan ketuntasan belajar 25% menjadi rata-rata 71.73, dan ketuntasan belajar 78,6% ( pada siklus I ), sedangkan pada siklus II rata-rata menjadi 92.96, dan ketuntasan belajar 100%. Pada dasarnya melalui penugasan memahami teks eksemplum dengan menggunakan metode diskusi dengan media POTCER dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar bagi siswa kelas IX F SMP N 6 Salatiga.
STAD BERTAKTIK MEDZLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Trifena Natalia Historyani
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 5 No 3 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Desember 2019)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.759 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v3i15.30

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar pembelajaran tematik menggunakan perpaduan model pembelajaran STAD berbantuan Talking Stick dan media puzzle pada peserta didik kelas VI SDN Sidorejo Lor 03 Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan STAD Bertaktik Medzle pada proses pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik peserta didik kelas VI SDN Sidorejo Lor 03 Salatiga. Aktivitas peserta didik pada siklus 1 sebesar 72 dengan kategori baik. Pada siklus 2 aktivitas peserta didik meningkat lagi menjadi 86 dengan kategori baik sekali. Hasil belajar pada pra siklus, hanya 14 peserta didik (33,33%) yang tuntas, sisanya sebanyak 28 siswa (66,67%) tidak tuntas. Pada siklus 1, sebanyak 23 peserta didik (54,76%) tuntas, sedangkan 19 peserta didik (45,24%) tidak tuntas. Setelah dilaksanakan tindakan siklus 2, sebanyak 34 peserta didik (80,95%) tuntas dan sebanyak 8 peserta didik (19,05%) tidak tuntas.
PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V Ulya Nurul Aini
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 5 No 3 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Desember 2019)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.47 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v3i15.36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan problem based learning dengan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran matematika tentang penggunaan pecahan pada masalah perbandingan dan skala pada siswa kelas V SD Negeri Tingkir Lor 01 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan peneliti sebagai guru kelas V SD Negeri Tingkir Lor 01. Desain penelitian ini menggunakan model spiral yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tingkir Lor 01 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menerapkan problem based learning dalam tiap siklusnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi terstruktur, catatan lapangan, dan metode tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis kualitatif. Teknik analisis ini untuk mendeskripsikan proses problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran matematika tentang penggunaan pecahan pada masalah perbandingan dan skala. Kemudian peningkatan hasil belajar dilihat melalui tes hasil belajar siswa yang memuat indikator pemahaman konsep penggunaan pecahan. Hasil tes tersebut dianalisis dengan menghitung rata-rata hasil belajar siswa pada tiap siklus kemudian dibandingkan untuk melihat peningkatannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran matematika tentang penggunaan pecahan pada masalah perbandingan dan skala sebesar 19,25 (kondisi awal 51,75 bertambah menjadi 71 pada siklus II) pada siswa kelas V SD Negeri Tingkir Lor 01.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN REALISTIK KELAS II SDN BLOTONGAN 02 SALATIGA kesia endah setiani
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2019)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.824 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v2i14.42

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran realistik untuk meningkatkan hasil belajar materi mengenal dan membandingkan panjang suatu benda pada siswa kelas II SDN Blotongan 02 Salatiga semester gangsal tahun pelajaran 2017/2018. Data hasil belajar kognitif diambil dengan teknik tes dan teknik observasi. Analisis data menggunakan analisis deskritif. Pembelajaran realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal dan membandingkan panjang suatu benda kelas II SDN Blotongan 02 Salatiga tahun pelajaran 2017/2018 dengan peningkatan sebagai berikut : (a) presentase jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar kognitif mengalami peningkatan dari prasiklus (77,77%), siklus I (80,55%), dan siklus II ( 100%). Perubahan perilaku siswa lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti pelajaran.