TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2019)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN REALISTIK KELAS II SDN BLOTONGAN 02 SALATIGA

kesia endah setiani (PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN REALISTIK KELAS II SDN BLOTONGAN 02 SALATIGA)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran realistik untuk meningkatkan hasil belajar materi mengenal dan membandingkan panjang suatu benda pada siswa kelas II SDN Blotongan 02 Salatiga semester gangsal tahun pelajaran 2017/2018. Data hasil belajar kognitif diambil dengan teknik tes dan teknik observasi. Analisis data menggunakan analisis deskritif. Pembelajaran realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal dan membandingkan panjang suatu benda kelas II SDN Blotongan 02 Salatiga tahun pelajaran 2017/2018 dengan peningkatan sebagai berikut : (a) presentase jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar kognitif mengalami peningkatan dari prasiklus (77,77%), siklus I (80,55%), dan siklus II ( 100%). Perubahan perilaku siswa lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti pelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

trisala

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan P-ISSN: 2443-2180 & E-ISSN: 2443-2199 merupakan media publikasi ilmiah para peneliti akademis, pendidik, dan masyarakat pemerhati pendidikan untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka, saling bertukar ide baru, menyebarkan informasi dalam karya inovatif, juga ...