Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Vol 1 No 1 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains

PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DALAM MATERI LIMIT FUNGSI : KELAS XI DI SMA IMELDA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Andriani Dewi Lubis (Mahasiswa UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2021

Abstract

Hasil belajar matematika siswa salah satunya ditentukan oleh kemampuan pemecahan masalah matematika. Pemecahan masalah siswa dapat dibentuk dengan baik melalui penerapan model pembelajaan Aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem solving (CPS) dan Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) pada materi Limit Fungsi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain the nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Imelda Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu XI MIA 1 berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen II (kelas dengan model AIR) dan siswa kelas XI MIA 2 berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen I (kelas dengan model CPS). Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa tes awal dan tes akhir. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik dengan uji-t pada taraf signifikan 0,05 didapat hasil thitung lebih besar dibandingkan ttabel (2,65 > 2,01), sehingga dapat disipulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan: terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem solving (CPS) lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) pada materi Limit Fungsi di kelas XI SMA Imelda Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Creative Problem Solving, Model Auditory Intellectualy Repetition.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

algebra

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan ...