MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2021): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Terhadap Penggunaan Platform Quizizz sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Online

Lailatul Asria (Universitas Tidar)
Detta Ramadhania Putrie (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2021

Abstract

Akibat pandemi, evaluasi hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika tidak dapat dilakukan secara tatap muka, sehingga hanya dapat dilaksanakan secara online. Oleh karena itu, diperlukan pengintegrasian teknologi internet pada evaluasi hasil belajar. Penggunaan platform Quizizz menjadi alternatif dalam hal ini. Namun, dalam pemanfaatan untuk selanjutnya diperlukan persepsi dari sejumlah mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa pendidikan matematika terhadap penggunaan platform Quizizz sebagai media evaluasi hasil belajar berbasis online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun instrumen yang digunakan merupakan angket yang berisi 20 pertanyaan dengan empat indikator persepsi yaitu minat, perhatian, objek, dan lingkungan. Penelitian ini dilakukan bersama 51 mahasiswa pendidikan matematika Universitas Tidar yang sebelumnya menggunakan Quizizz sebagai media dalam evaluasi hasil belajar. Data angket kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan skala likert. Temuan menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa pendidikan matematika terhadap platform Quizizz sebagai media evaluasi hasil belajar berbasis online tergolong pada kriteria persepsi baik dengan masing-masing perolehan persentase minat 75,45%, perhatian 70,58%, objek 74,11%, dan lingkungan 68,21 %. Hal tersebut menunjukkan penggunaan platform Quizizz dianggap baik untuk diterapkan sebagai media evaluasi hasil belajar pada mahasiswa pendidikan matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mathlocus

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam ...