MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Diskrit Menggunakan Media Edmodo dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom

Farah Dzil Barr (Universitas Selamat Sri)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata kuliah matematika diskrit menggunakan media Edmodo dengan model pembelajaran flipped classroom pada mahasiswa Teknik Informatika Universitas Selamat Sri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas 3C Teknik Informatika UNISS yang berjumlah 10 orang. Desain penelitian ini menggunakan  prosedur: 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Objek penelitian ini adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata skor keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 72%. Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 76%. Pada siklus III mengalami kenaikan cukup tinggi menjadi 86%. Peningkatan hasil belajar mahasiswa yang didasarkan pada rerata skor tes hasil belajar mengalami peningkatan setiap siklus berturut-turut yaitu pada siklus I sebesar 69,7, siklus II sebesar 72,4 dan pada siklus III sebesar 80,2.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mathlocus

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam ...