MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Identifikasi Tingkat Keaktifan Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika Melalui Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Siti Rohmatul Fitriani (Universitas Tidar)
Emerald Kristalia Dewi (Universitas Tidar)
Hemas Nabila Ardelia Arrofat (Universitas Tidar)
Mydha Lunica (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat keaktifan siswa saat melakukan pembelajaran daring di masa pandemi ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Siswa yang menjadi subjek dan berpartisipasi dalam penelitian ini adalah 50 siswa SMP di Kabupaten Temanggung, terdiri dari 34 perempuan dan 16 laki-laki. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket yang sesuai dengan indikator keaktifan siswa dan observasi dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran tersebut terdapat beberapa siswa yang sangat aktif, aktif, kurang aktif, dan tidak aktif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil persentase, yaitu siswa sangat aktif adalah 38%, siswa aktif adalah 32%, siswa kurang aktif adalah 16%, dan siswa tidak aktif adalah 14%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mathlocus

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam ...