MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Penerapan Strategi Think-Talk-Write (TTW) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Augistri Putri Pradani (STIE Putra Bangsa)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2020

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis, khususnya siswa tingkat menengah pertama dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan strategi TTW. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode tes dan observasi. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu setidaknya 30% siswa telah mencapai level 3 untuk setiap aspek kemampuan komunikasi matematis yang diungkapkan oleh Olivares (1996), dengan pelevelan berpedoman pada rubrik skoring kemampuan komunikasi matematis yang diungkapkan oleh Asikin (2003). Pembelajaran dengan strategi TTW yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk memikirkan strategi yang akan digunakan untuk memecahkan masalah pada LKS dan menuliskannya dalam catatan kecil, kemudian berdiskusi membahas catatan kecil, menuliskan hasil diskusi, dan mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Berdasarkan pembelajaran tersebut, kemampuan komunikasi matematis siswa pada aspek kemampuan gramatikal  meningkat sebesar 29,17%, sedangkan untuk kemampuan sosiolinguistik meningkat sebesar 37,5%. Selanjutnya, aspek kemampuan strategis meningkat sebesar 33,33%, sedangkan pada kemampuan diskusi meningkat sebesar 25%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mathlocus

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam ...