Kerucut terpancung merupakan salah satu materi dalam pembelajaran bangun ruang sisi lengkung, khususnya kerucut. Dalam penerapannya, luas selimut kerucut terpancung dapat diperoleh menggunakan pendekatan luas trapesium. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah pembelajaran langsung berbantuan GeoGebra. Melalui pemanfaatan GeoGebra ini diharapkan dapat menjadi media belajar siswa yang menyenangkan dan dapat merangsang siswa berpikir kreatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang sisi lengkung, khususnya luas selimut kerucut terpancung. Dengan pembelajaran ini, siswa akan mudah memahami pendekatan luas trapesium untuk menentukan luas selimut kerucut terpancung. Hasil pengamatan melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis data kuantitatif deskriptif menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang sisi lengkung, khususnya luas selimut kerucut terpancung. Pengamatan hasil belajar yang dilakukan terhadap 33 siswa kelas IX MTsN 4 Magelang diperoleh rata-rata hasil belajar berturut-turut dari kondisi awal 52,33, siklus I meningkat menjadi 73,71 dan pada siklus II 79,18.
Copyrights © 2020