MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Luas Selimut Kerucut Terpancung Melalui Pendekatan Luas Trapesium

Lailatul Masfufah (MTs Negeri 4 Magelang)
Suroso Suroso (MTs Negeri 1 Magelang)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2021

Abstract

 Kerucut terpancung merupakan salah satu materi dalam pembelajaran bangun ruang sisi lengkung, khususnya kerucut. Dalam penerapannya, luas selimut kerucut terpancung dapat diperoleh menggunakan pendekatan luas trapesium. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah pembelajaran langsung berbantuan GeoGebra. Melalui pemanfaatan GeoGebra ini diharapkan dapat menjadi media belajar siswa yang menyenangkan dan dapat merangsang siswa berpikir kreatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang sisi lengkung, khususnya luas selimut kerucut terpancung. Dengan pembelajaran ini, siswa akan mudah memahami pendekatan luas trapesium untuk menentukan luas selimut kerucut terpancung. Hasil pengamatan melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis data kuantitatif deskriptif menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang sisi lengkung, khususnya luas selimut kerucut terpancung. Pengamatan hasil belajar yang dilakukan terhadap 33 siswa kelas IX MTsN 4 Magelang diperoleh rata-rata hasil belajar berturut-turut dari kondisi awal 52,33, siklus I meningkat menjadi 73,71 dan pada siklus II 79,18.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mathlocus

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam ...