MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Peran Serta Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Matematika dengan E-Learning di Masa Pandemi Covid-19

Rossa Isnaeni Mutik (Universitas Tidar)
Nur Annisa Firdaus (Universitas Tidar)
Ema Amalia Shaliha (Universitas Tidar)
Elsa Khotimah (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam membimbing proses pembelajaran matematika dengan e-learning di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen non-tes berupa angket yang terdiri dari  penelitian ini terdiri 30 orang peserta didik pada jenjang SMP beserta 30 orang tua. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menyajikan data, menganalisis data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mendampingi anak saat pembelajaran matematika dengan e-learning adalah sebagai fasilitator, motivator, pendampingan, dan guru utama. Minimnya pengetahuan yang dimiliki oleh orang tua menjadi faktor penghambat dalam proses pembelajaran e-learning ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mathlocus

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam ...