Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha
Vol 5, No 2 (2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING CONTROL SEPAK BOLA

., Ldy Awan I Ketut (Unknown)
., I Wayan Artanayasa, S.Pd, M.Pd. (Unknown)
., I Gede Suwiwa, S.Pd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Teknik dasar Passing Control Sepak Bola. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subject design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2016/2017, berjumlah 270 orang yang terdistribusi ke dalam delapan kelas yaitu kelas, VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, VIII G VIII H. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen nilai pretest diperoleh rata-rata nilai 69,32 sedangkan kelompok kontrol 66,94 kemudian hasil nilai posttest didapatkan hasil nilai pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,29. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 70,41. Didapatkan peningkatan pada kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu 13,97 sedangkan kelompok control hanya mengalami peningkatan 4,47. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah sig

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Health Professions Other

Description

the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Physical education sport and health Undiksha. The journal welcomes original ...