Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh
Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli - Desember 2020

IMPLEMENTASI MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

Fauzi Fauzi (Universitas Islam Kebangsaan Indonesia)
Zainuddin Iba (Universitas Islam Kebangsaan Indonesia)
Sutoyo Sutoyo (Universitas Islam Kebangsaan Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses manajemen dalam aktivitas komunikasi dan implementasi manajemen komunikasi dalam organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode studi kepustakaan. Berdasarkan metode tersebut, penulis mengumpulkan data dengan teknik  simak catat untuk mengkaji dokumentasi berupa buku, literatur dan bahan pustaka lain yang relevan. Penelitian ini mengguakan teori hubungan manusia dari Elton Mayo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen dalam aktivitas komunikasi adalah menjadikan aktivitas komunikasi dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Karena, eksistensi suatu organisasi ditentukan oleh interaksi dari seluruh anggotanya, yang disebut dengan komunikasi organisasi. Maka, interaksi tersebut harus dikelola dengan menerapkan manajemen komunikasi. Sedangkan, implementasi manajemen dalam komunikasi organisasi adalah dengan  menyelaraskan fungsi manajemen yaitu fungsi  merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan dan melakukan pengawasan dengan komunikasi dalam organisasi (baik itu dalam posisi sebagai atasan maupun bawahan), antara lain forward communication yang mengalir secara downward (dari atas ke bawah, dalam bentuk tugas, perintah, pendelegasian dan lain-lain), sehingga menghasilkan suatu bentuk komunikasi yang efektif dan mencapai tujuan organisasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jimma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Manajemen diterbitkan secara berkala 6 bulanan yaitu pada Edisi Januari-Juni dan Edisi ...