JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EMBA, HAL 124 - 233

STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DAN PROMOSI PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK “KASIH IBU” MANADO

Sengkey, Lanny (Unknown)
Tumbuan, Willem J.F.A (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2014

Abstract

Perubahan standar dan kualitas pelayanan dalam perusahaan jasa saat ini begitu pesat baik inovasi teknologi, produk dan sistem pelayanan. Apa sebenarnya yang diinginkan konsumen dari sebuah perusahaan jasa, ukurannya, popularitasnya, atau kemampuannya dalam memberi pelayanan atau promosi, ternyata kualitas pelayanan masih menjadi titik sentral sebuah perusahaan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dari strategi relationship marketing dan promosi terhadap kepuasan konsumen. Metode penelitian adalah metode asosiatif dengan menggunakan analisis uji asumsi klasik dan regresi linier berganda Populasi sebanyak 3117 dan sampel 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi relationship marketing dan promosi berpengaruh positif dan signifikan baik secara simultan maupun parsial, terhadap kepuasan konsumen. Kata kunci: relationship marketing, promosi, kepuasan konsumen

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...