JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 7, No 1 (2019): JE VOL 7 NO 1 (2019)

STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DAN PROMOSI PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTEMENT STORE MEGA MALL MANADO

Ngalimin, Inda G.Q (Unknown)
Tumbuan, Willem J.F.A (Unknown)
Mandagie, Yunita . (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2019

Abstract

Abstrak: Pemenuhan kebutuhan sandang tidak lepas dari adanya perusahaan-perusahaan untuk memproduksi sandang. Strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan berhubungan dengan bagaimana perusahaan melakukan penjualan produk yang dimilikinya di tengah krisis global yang melanda seluruh dunia. Strategi apa sebenarnya yang diinginkan konsumen dari sebuah perusahaan sandang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan pemasaran dan promosi terhadap kepuasan konsumen di Matahari Departement Store Mega Mall Manado. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kuantitatif menggunakan SPSS. Sampel yang digunakan adalah konsumen yang bertransaksi lebih dari 3 kali sebulan di Matahari Departement Store Mega Mall Manado dengan responden sebanyak 100 orang, serta teknik pengambilan sampel dengan metode Accidental. Teknik untuk mengumpulkan data melalui kuesioner dan wawancara. Hasil analisis dapat diketahui bahwa variabel hubungan pemasaran berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, pemberian promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan hubungan pemasaran dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sebaiknya Matahari Departement Store Mega Mall Manado semakin meningkatkan hubungan pemasaran dengan konsumen dan menambah lebih banyak promosi karena variabel-variabel ini mempengaruhi kepuasan dari konsumen. Hal ini sangatlah penting agar lebih menarik perhatian konsumen untuk tetap menjadikan Matahari Departement Store Mega Mall Manado sebagai tempat utama untuk berbelanja. Kata Kunci : relationship marketing, promosi, kepuasan konsumen.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...