Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 1, No 2 (2019): Peqguruang Volume 1, Nomor 2, Nopember 2019

Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Metode Terbimbing dengan Media Teks Lagu

Abu Alama (Universitas Al Asyariah Mandar)
Musdalifah Musdalifah (Universitas Al Asyariah Mandar)
Marwah Marwah (Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 5 Wonomulyo berjumlah 31 orang. Penelitian difokuskan pada peningkatan proses dan hasil menulis cerpen melalui metode terbimbing berbantuan media teks lagu pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 5 Wonomulyo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan metode terbimbing berbantuan media teks lagu pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 5 Wonomulyo dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Peningkatan proses ditunjukkan dengan peningkatan sikap peserta didik yang positif selama pembelajaran menulis cerpen. Hal ini dibuktikan dengan sikap peserta didik yang serius, aktif, dan antusias selama pembelajaran. Peningkatan hasil ditunjukkan dengan meningkatnya skor rata-rata cerpen peserta didik. Skor rata-rata peserta didik pada pratindakan, siklus I, dan siklus II adalah 70.12, 74.94, dan 81.46. Dengan demikian, keterampilan menulis cerpen peserta didik telah mengalami peningkatan, baik pada kualitas proses maupun kualitas hasil pembelajaran setelah dilakukan tindakan melalui metode latihan terbimbing berbantuan media teks lagu.

Copyrights © 2019