Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 2, No 2 (2020): Peqguruang, Volume 2, No.2, Nopember 2020

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 POLEWALI

Asvin Asvin (Universitas Al Asyariah Mandar)
Chuduriah Sahabuddin (Universitas Al Asyariah Mandar)
Muhammad Ali P (Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dengan maksud dapat mengukur sejauh mana penyelesaian masalah  matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Polewali yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran SSCS. Simple Random Sampling adalah cara yang ditempuh untuk pemilihan sampel.tes pemahaman masalah dan lembar observasi merupakan instrument yang digunakan dalam penelitian ini. Statistic deskriptif dan inferensil merupakan cara analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Sesuai hasil penelitian data lebih tinggi didapat pada kelas eksperimen dengan skor sebesar 82,38 dan standar deviasi sebesar 9,785. Sedangkan pada kelas kontrol didapatkan skor 61,44 dan standar deviasi sebesar 13,77. Kemudian untuk data inferensial didapatkan bahwa kedua data bernilai normal dan sama berdasar pada data yang telah diperoleh Ho  ditolak dan H1 diterima karena nilai signifikan < 0,05. Sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran  SSCS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Polewali

Copyrights © 2020