Journal Peqguruang: Conference Series
Vol 1, No 2 (2019): Peqguruang Volume 1, Nomor 2, Nopember 2019

Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Fatimah Fatimah (Universitas Al Asyariah Mandar)
Ahmad Syah (Universitas Al Asyariah Mandar)
Dian Ekawati (Universitas Al Asyariah Mandar)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2019

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah banyaknya peserta didik yang merasa kewalahan dalam menyelesaikan soal Matematika pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel, yang berakibat pada rendahnya hasil belajar Matematika yang diperoleh peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesalahan dan faktor penyebab peserta didik dalam menyelesaikan soal essay pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel, melalui penelitian “Deskriptif Kualitatif”. Informan atau responden dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kahu. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan wawancara. Selanjutnya, data yang diperoleh kemudian dianalisis, berdasarkan analisis data secara kualitatif yang melalui 3 tahapan alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang dilakukan peserta didik lebih banyak di kesalahan proseduralnya antara lain: Kesalahan karena tidak tidak mengubah kesalahan tidak menjawabsoal, adapun faktor-faktor penyebab peseta didik dalam menyelesaikan antara lain: Tidak hafal sifat-sifat pertidaksamaan linear satu variabel, kurang teliti dalam mengerjakan soal, subyek terburu-buru dalam menyelesaikan soal, kurang teliti dalam penulisan operasi hitung, tidak memahami cara penyelesaian soal. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa kesalahan peserta didik lebih banyak di kesalahan prosedural dibandingkan pada kesalahan konseptual.

Copyrights © 2019