Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 2, No 3 (2018): Oktober

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Bimbingan Kelompok SMP Pangudi Luhur Tuntang

Wijanarko, Agustinus Andri (Unknown)
Loekmono, J.T. Lobby (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui signifikansi peningkatan motivasi belajar siswa melalui pemberian Bimbingan Kelompok motivasi belajar kepada siswa SMP Pangudi Luhur Tuntang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan model one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah 14 orang siswa menjadi sumber penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner motivasi belajar. Teknik analisis data mengggunakan analisis deskriptif dan analisis uji beda dua mean(t test). Hasil penelitian terbukti bahwa bimbingan kelompok motivasi belajar secara signifikan meningkat motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...