CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)
Vol 5, No 2 (2020): JULI 2020

Rancangan Media Pembelajaran Hewan Purbakala Menggunakan Augmented Reality

Sampurna Dadi Riskiono (Universitas Teknokrat Indonesia)
Try Susanto (Universitas Teknokrat Indonesia)
Kristianto Kristianto (Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk membuat rancangan sebuah media pembelajaran yang inovatif dan menarik. Dengan kemudahan untuk memperkenalkan hewan yang hidup pada zaman prasejarah ke dalam bentuk yang lebih nyata pada murid sekolah. Rancangan aplikasi augmented reality pembelajaran hewan purbakala dibangun dengan menggunakan beberapa tools seperti Unity, Vuforia dan Blender. Nilai tambah dari aplikasi yang dibuat yaitu dengan diterpakannya metode marker based pada aplikasi media pembelajaran yang berjenis augmented reality, hal ini bertujuan agar semakin menarik dan meningkatkan minat belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah Aplikasi Media Pembelajaran yang berjalan pada platform android. Untuk mendapatkan aplikasi yang berfungsi secara keseluruhan, maka aplikasi Augmented Reality Media Pembelajaran ini diuji menggunakan BlackBox dengan hasil lulus uji fungsional sistem.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cess

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) contains articles on research results and conceptual studies in the fields of informatics engineering, computer science and information systems. The main topics published include: 1. Information security 2. Computer security 3. Networking & ...