Pillar of Physics Education : Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 13, No 1 (2020)

Analisis validasi modul fisika bermuatan literasi saintifik pada materi gerak lurus dan gerak parabola

Wina Nanda Putri (Universitas Negeri Padang)
Hidayati Hidayati (Universitas Negeri Padang)
Renol Afrizon (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
11 May 2020

Abstract

Pendidikan memainkan peran penting dalam meningkatkan dan memaksimalkan semua potensi yang dimiliki oleh siswa. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, di mana salah satunya adalah perubahan kurikulum 2013 yang direvisi menjadi kurikulum 2017. Selain itu, revisi 2013 menjadi kurikulum 2017 berisi beberapa hal penting, salah satunya adalah peningkatan literasi siswa dalam belajar. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, keadaan sekolah menunjukkan bahwa penerapan literasi sains dalam pembelajaran fisika belum pada keadaan optimal, literasi yang digunakan hanyalah literasi fungsional. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah mengembangkan modul fisika dengan literasi ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas modul fisika yang mengandung literasi ilmiah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Selanjutnya, prosedur penelitian ini terdiri dari masalah potensial, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba aplikasi produk ,, dan produk massal. Penelitian ini terbatas pada tahap validasi desain dan revisi desain. Objek penelitian adalah modul fisika dengan literasi ilmiah dalam materi Gerak Lurus dan Parabola Kelas X SMA / MA. Oleh karena itu, instrumen untuk validasi modul fisika adalah lembar angket. Validator bahan ajar fisika yang mengandung literasi ilmiah adalah 3 dosen fisika FMIPA UNP. Berdasarkan analisis data dari penelitian, Modul fisika yang mengandung literasi ilmiah dalam materi gerak sangat valid dengan nilai validitas rata-rata 86,02. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fisika sarat dengan literasi saintifik pada materi gerak lurus dan gerak parabola di kelas X SMA / MA yang telah dibuat ini cocok untuk digunakan dalam pembelajaran fisika karena memenuhi kelayakan dasar pada hasil validasi para ahli.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pfis

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Pillar of Physics Education: International Journal on Physics Education is an open-access and peer-reviewed journal, published by Universitas Negeri Padang, which is dedicated to intercharge for the results of high-quality in all aspect of physics education. The editors welcome submissions of papers ...