Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 17 No 1 (2017): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN MEDIA LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 PADANG

Mubarak, Hudan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini didasari hasil belajar TIK pada SMP 16 Padang yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan melihat Pengaruh Penerapan Metode Tutor sebaya Berbantuan Media Leaflet terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII.4 (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII.7 (kelas kontrol). Data yang diambil dari penelitian ini adalah data primer tentang hasil belajar TIK. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal.Setelah diperoleh data hasil belajar, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode tutor sebaya berbantuan media leafletyaitu 81,92 lebihtinggidari yang menerapkan pembelajaran konvensionalyaitu73,57. Sedangkandariperhitungan t-tesdiperoleh thitung >ttabel, yaitu 5,56 > 1,66 padataraf signifikan α 0,05.Dengan demikian penerapan metode tutor sebaya berbantuan media leaflet berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Kota Padang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education

Description

The field of education that is the main focus of this journal is the Administration of Education, Guidance and Counseling, Educational Technology, Elementary School Teacher Education, Early Childhood Education Teacher Education, Extraordinary Education, Outside School Education. The main focus ...