Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 16 No 1 (2016): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS VI SD

Yulfita Yulfita (SDN 14 Gurun Laweh Padang)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen di kelas VI SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SD N 14 Gurun Laweh Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan pengamatan RPP dari 69,65% dengan kualifikasi cukup pada siklus I meningkat menjadi 94,64% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus III. Pelaksanaan dari aspek guru dari 71,25% dengan kualifikasi cukup pada siklus I menjadi 90,25% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus III. Pelaksanaan dari aspek siswa dari 67,06% pada siklus I menjadi 89,77% pada siklus III. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari rata-rata hasil belajar siswa 66,63 pada siklus I menjadi 77,87 pada siklus III

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education

Description

The field of education that is the main focus of this journal is the Administration of Education, Guidance and Counseling, Educational Technology, Elementary School Teacher Education, Early Childhood Education Teacher Education, Extraordinary Education, Outside School Education. The main focus ...