Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 15 No 1 (2015): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan

HUBUNGAN PERAN PEMBIMBING AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TINGKAT II D- III KEBIDANAN STIKES RANAH MINANG PADANG TAHUN 2014

Afrida Sriyani (STIKes RANAH MINANG PADANG)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2016

Abstract

Hasil belajar di pengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu Pembimbing Akademik. Dari hasil wawancara terhadap mahasiswa tingkat II Prodi DIII Kebidanan bahwa mereka hanya menemui PA satu kali dalam satu semester, berdasarkan data dari Unit Evaluasi dan Kemahasiswaan prodi DIII Kebidanan STIKes Ranah Minang Padang, dari 112 mahasiswa, jumlah mahasiswa yang memperoleh Indeks Prestasi (IP) lebih dari 3,51 berjumlah 4 orang (3,60%), IP antara 2,76-3,50 berjumlah 64 orang (57,65%), dan yang mendapatkan IP kurang dari 2,75 berjumlah 43 orang (38,73%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Peran Pembimbing Akademik (PA) dengan Hasil Belajar Mahasiswa tingkat II prodi D III Kebidanan STIKes Ranah Minang Padang Tahun 2014. Jenis Penelitian ini adalah survey analitik dengan desain cross sectional Study. Populasinya adalah seluruh mahasiswa tingkat II prodi DIII Kebidanan sebanyak 112 orang, cara pengambilan sampel dengan total populasi. Penelitian dilakukan pada tanggal 1 - 6 september 2014. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data sekunder berupa hasil belajar, analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi – square. Hasil penelitian didapatkan (61,6%) hasil belajar memuaskan dan (38,4%) kurang memuaskan, serta (41,1%) pembimbing akademik yang berperan dan (58,9%) kurang berperan dengan hasil uji statistik P Value = 0,393.Artinya Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara peran pembimbing akademik dengan hasil belajar mahasiswa. Hasil belajar mahasiswa tidak di pengaruhi oleh peran pembimbing akademik, untuk itu peneliti menyarankan kepada institusi prodi DIII kebidanan lebih memperhatikan faktor faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar seperti motivasi, minat dan peran teman sebaya.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education

Description

The field of education that is the main focus of this journal is the Administration of Education, Guidance and Counseling, Educational Technology, Elementary School Teacher Education, Early Childhood Education Teacher Education, Extraordinary Education, Outside School Education. The main focus ...