Journal Koperasi Dan Manajemen
Vol 2 No 01 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN

PROYEKSI BEP, RC RATIO DAN R/L RATIO TERHADAP KELAYAKAN USAHA (STUDI KASUS PADA USAHA TAOGE DI DESA WONOAGUNG, TIRTOYUDO, KABUPATEN MALANG)

Arief Yuswanto Nugroho (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Koperasi Malang)
Anudiyan Amir Mas'ud (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Koperasi Malang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Purpose – pada latar belakang peneltiian ini adalah untuk mengetahui proyeksi kelayakan usaha terhadap usaha Taoge di desa Wonoagung Tirtoyudo Kabupaten Malang, dengan menggunakan proyeksi BEP, RC Ratio dan R/L Ratio. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui usaha taoge layak untuk di jalankan dan digunakan dalam rangka meningkatkan pendapatan dan peningktan perekonomian keluarga. Design/methodology/approach–Dalam Penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey. Penelitian ini juga melalui pengujian hipotesis yang selanjutnya dilakukan uji statistik. Variabel yang di ukur adalah dengan menggunakan analisa BEP, RC Ratio dan R/L Ratio sehingga mampu mewakili bahwa usaha tersebut bisa dan layah untuk dilanjutkan warga desa. Findings – Analisis analisa BEP, RC Ratio dan R/L Ratio dianggap mampu untuk merepresentasikan bahwa usaha tersebut mampu dan layak untuk dikerjakan lebih lenjut. Data yang diperoleh dijadikan rujukan untuk kelayakan usaha dalam memaksimalkan pendapatan keluarga desa Wonoagung Tirotyudo Kabupaten Malang. Research limitations/implications –Analisis kuantitatif merupakan salah satu teknik yang hanya mengandalkan hasil kuisioner dan data di lapangan, hal ini membutuhkan pengetahuan decision-making untuk pemilihan metodologi yang akan digunakan. Studi kasus seperti ini berasal dari pelaksanaan pengabdian masyarakat yang sudah dilakukan sebelumnya. Sehingga untuk menggeneralisasi di daerah lain perlu untuk dilakukan penelitian lainya lebih lanjut. Analisa BEP, RC Ratio dan R/L Ratio merupakan analisa dasar sehingga untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa menambahkan analisa lainya untuk memperoleh hasil kelayakan usaha pada usaha Taoge Originality/value – Penelitian melakukan analisa usaha yang di anggap mampu dan mudah dalam mengaplikasikannya. Dengan studi analisis kelayakan usaha ini diharapkan mampu memberikan gambaran bahwa usaha layak untuk dilanjutkan karena menggunakan modal yang kecil, dan mendapatkan keuntungan setiap melakukan kegiatan produksi. Dalam pelaksanaan metode yang di gunakan adalah analisa BEP, RC Ratio dan R/L Ratio adalah analisa dasar yang di gunakan untuk mengetahui kelayakan sebuah usaha.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

komastie

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal Koperasi dan Manajemen (KOMASTIE) bertujuan untuk menjadi media penyebarluasan hasil penelitian dan pertukaran karya ilmiah bidang Ekonomi, Manajemen, dan Koperasi di kalangan akademisi lingkungan STIEKOP, Prektisi internasional, praktisi, pengatur kebijakan, dan untuk kalangan umum. ...