cover
Contact Name
Chavid Moyo Jaladri
Contact Email
lppmstiekop@gmail.com
Phone
+6285235260662
Journal Mail Official
jurnalkomastie@gmail.com
Editorial Address
Jl. W.R. Supratman No.9, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Journal Koperasi Dan Manajemen
ISSN : 27226123     EISSN : 28091213     DOI : https://doi.org/10.52838/komastie.v2i02
Core Subject : Economy,
Journal Koperasi dan Manajemen (KOMASTIE) bertujuan untuk menjadi media penyebarluasan hasil penelitian dan pertukaran karya ilmiah bidang Ekonomi, Manajemen, dan Koperasi di kalangan akademisi lingkungan STIEKOP, Prektisi internasional, praktisi, pengatur kebijakan, dan untuk kalangan umum. KOMASTIE diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan April, dan Oktober. KOMASTIE adalah jurnal ilmiah tentang bidang Ekonomi, Manajemen, Dan Koperasi yang Saat ini berupaya untuk mendapatkan akreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, selanjutnya, KOMASTIE juga berupaya untuk mendapatkan terindeks di EBSCO, EconLit (American Economic Association), ProQuest, dan Scopus dan lain-lainnya.
Articles 56 Documents
PERENCANAAN SDM STIE KOPERASI MALANG DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING DI ERA 4.0 Dita Rachmawati Dita Rachmawati
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 1 No 01 (2020): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (764.878 KB)

Abstract

Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peranan utama dalam proses pencapaian keberhasilan visi dan misi serta keunggulan bersaing STIE Koperasi Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perencanaan SDM pada STIE Koperasi Malang. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, dalam penentuan narasumber menggunakan purposive sampling, dan untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Perencanaan SDM juga meliputi pengumpulan data yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keefektifan program yang sedang berjalan dan memberikan informasi kepada perencanaan bagi pemenuhan kebutuhan untuk revisi peramalan dan program pada saat diperlukan. Strategi SDM memberikan arah secara keseluruhanmengenai bagaimana kegiatan SDM dioptimalkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses perencanaan sumber daya manusia di STIE Koperasi Malang masih bisa dioptimalkan untuk memaksimalkan peran SDM di lembaga pendidikan tinggi.Pengembangan rencana SDM merupakan rencana jangka panjang karena di dengan perencanaan SDM diharapkan dapat memberikan manfaat bagi institusi dan bagi Tenaga Pendidik dan tenaga kependidikan itu sendiri.
STRATEGI DISTRIBUSI PRODUK TEH BOTOL SOSRO OLEH PT. SINAR SOSRO CABANG KENDARI BUDI JATMIKO BUDI JATMIKO
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 1 No 01 (2020): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.857 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Sinar Sosro Cabang Kendari dengan rumusan masalah adalah Bagaimana Strategi Distribusi Produk Teh Botol Sosro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Strategi Distribusi Produk Teh Botol Sosro. Data yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis dengan metode deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa strategi distribusi produk teh botol sosro yang dilakukan oleh PT. Sinar Sosro Cabang Kendari menggunakan strategi distribusi langsung untuk menguasai pasar dan menghadapi pesaing. Walaupun demikian untuk dapat meningkatkan merek dan nilai pelanggan, perusahaan mengguankan agen, pedagang besar dan pengecer sehingga produk dapat terjual dan terus melaksanakan kegiatan ditribusi untuk menjaga ketersediaan produk teh botol Sosro di Kota Kendari.
Pengaruh LDR, NIM, NPL dan BOPO terhadap Harga Saham pada PT.Bank Rakyat Indonesia, Tbk 2017- 2019 Arief Yuswanto Nugroho; Fatichatur Rachmaniyah Fatichatur Rachmaniyah
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 1 No 01 (2020): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (947.577 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang mengembangkan jenis prediksi dari beberapa faktor fundamental yakni rasio keuangan sebagai variabel independen yang terdiri dari LDR, NIM, NPL, dan BOPO terhadap Harga Saham sebagai variabel dependen. Metode pada penelitian ini menggunakan Kuantitatif deskriptif dengan objek penelitian pada PT. Bank Rakyat Indonesia dengan tahun pengamatan 2017 sampai dengan 2019. Analisa dari penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dan dibantu dengan software SPSS 22. Hasil uji regresi secara parsial variabel independen yakni : (1) LDR (X1) dengan nilai sign 0,026 < 0,05 terbukti mempunyai pengaruh positif dan sign terhadap harga saham, (2) NIM (X2) dengan nilai sign 0,012 < 0,05 terbukti mempunyai pengaruh positif dan sign terhadap harga saham, (3) NPL (X3) dengan nilai sign 0,007 < 0,05 terbukti mempunyai pengaruh positif dan sign terhadap harga saham dan (4) BOPO (X4) dengan nilai sign 0,001 < 0,05 terbukti mempunyai pengaruh positif dan sign terhadap harga saham. Secara simultan variabel LDR, NIM, NPL, dan BOPO mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham dengan nilai sign 0,000 <0,05.Koefisien determinasi R Square menunjukkan angka sebesar 0,78 hal ini menjelaskan bahwa kemampuan variabel independen guna mendeskripsikan variabel dependen sebanyak 78 % sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian.
Hukum sebagai instrumen bagi Pemerintah Daerah dalam melindungi keberlanjutan Koperasi dan UMKM ditengah ancaman wabah penyakit Iwan Permadi Iwan Permadi; Azna Abrory Wardana
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 1 No 01 (2020): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.958 KB)

Abstract

Koperasi merupakan lembaga ekonomi yang dapat berperan sebagai motor penggerak ekonomi nasional sekaligus pilar sistem perekonomian Indonesia maka keberadaannya dijamin oleh Undang-undang. Berbagai permasalahan yang dihadapi oleh Koperasi dan UMKM adalah situasi dan kondisi yang sangat mempengaruhi iklim usaha. Kondisi perekonomian yang terganggu oleh wabah penyakit menular yang berakibat pada menurunnya tingkat produksi, penjualan, hingga daya beli dari konsumen. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan, mencatat, analisis dan menginterpretasikan kondisi yang sekarang ini. Peran Pemerintah daerah bagi keberlangsungan Koperasi dan UMKM dalam menghadapi ancaman penyebaran wabah penyakit sangat penting dan dibutuhkan. Melalui kewenangan Pemerintah Daerah, dapat membuat kebijakan dan regulasi berupa peraturan perundangundangan tingkat daerah yang berbasis perlindungan hukum terhadap Koperasi dan UMKM.
INVESTASI, UTANG PEMERINTAH, DAN KUALITAS PEMBANGUNAN Abdul Aziz SR Abdul Aziz SR
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 1 No 01 (2020): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.683 KB)

Abstract

Investasi dan utang luar negeri merupakan dua variabel yang berbeda. Namun, keduanya dibutuhkan untuk menopang pembangunan ekonomi suatu negara. Indonesia sebagai negara bersistem ekonomi liberal-kapitalis sangat terbuka mengundang investasi asing untuk melakukan kegiatan usaha di berbagai bidang. Juga punya tradisi berutang dalam jumlah yang sangat fantastis dari tahun ke tahun. Sejak era Orde Baru hingga saat ini investasi asing dan utang luar negeri memainkan perannya dalam perekonomian nasional. Di balik peran investasi asing dan kebiasaan berutang, di satu sisi membuat ekonomi Indonesia kurang mandiri, di sisi lain kurang pula memberi arti bagi hadirnya pembangunan yang bermutu. Persoalannya lebih terletak pada perilaku rezim penguasa yang memperlakukan investasi asing dan utang luar negeri dalam konteks salah kaprah.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI KARYAWAN PUTRA INDONESIA MALANG Ari Nurcahyo Darmawan
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 1 No 01 (2020): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.864 KB)

Abstract

Penelitan ini dilakukan untuk menganalisis kinerja keuangan Koperasi karyawan Putra Indonesia Malang (PIM) yang bergerak pada koperasi simpan pinjam untuk periode 2017-2019. Kinerja keuangan yang dianalisis berdasarkan rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio rentabilitas. Untuk mengukur rasio likuiditas ditinjau dari current ratio. rasio sovabilitas ditinjau dari Total Debt to Total Assets Ratio dan rasio rentabilitas ditinjau dari Return On Equity (ROE). Sampel peneltian ini adalah data laporan keuangan pada rapat anggota tahunan (RAT) dari tahun 2017 -2019. Metode pengumpulan data dengan berdasarkan data yang telah ada pada sumber data sekunder yang telah diolah berupa neraca dan laporan laba rugi. Hasil penelitian menunjukkan rasio likuiditas dengan menggunkan current ratio dalam kriteria baik,. Rasio solvabilitas yang menggunakan total debt to total assets ratio dalam kriteria baik, rasio Rentabilitas Debt to equity Ratio dikatakan dalam kriteria yang kurang baik karena hasil analisis menunjukan penurunan setiap tahunnya.
Efektifitas Penggunaan Platform Edmodo dan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran E-learning Pada Masa Work from Home Anang Amir Kusnanto; Budi Iriani Yudaningrum
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 1 No 01 (2020): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.153 KB)

Abstract

Penyebaran wabah penyakit yang membuat proses kegiatan belajar mengajar menjadi sebuah keadaan dilematis tersendiri sekarang. Jarak yang makin jauh antara mahasiswa dan dosen menjadi sebuah tantangan dalam pencapaian target pendidikan. Perkembangan aplikasi menjadi alternatif metode pembelajaran yang ditawarkan salah satunya aplikasi Whatsapp dan Edmodo. Tujuan penelitian ini untuk melihat kefektivitasan pengaruh penggunaan platform Edmodo dan Whatsapp pada proses pembelajaran E Learning pada masa Work from Home. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan pembelajaran E-learning dapat berjalan efektif dengan kombinasi platform Edmodo dan Whatsapp karena dapat tiap aplikasi dapat melengkapi kelemahan satu sama lain.
IMPLIKASI DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PEGAWAI TELKOM BAGIANMARKETING SPEEDYKOTA MALANG Budi Iriani Yudaningrum; Indah Datin Nadliroh
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 01 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.18 KB)

Abstract

Purpose–Dengan latarbelakang tersebut maka peneliti ingin mengetahui pengaruh hubungan disiplin kerja dengan produktifitas dari pegawai telkom malang khususnya bagian marketingspeedy, dan ingin mengetahui tingkat pengaruh lingkungan kerja terhadap produktivitas dari pegawai telkom malang khususnya bagian marketing speedy. Sehingga nantinya bisa digunakan untuk acuan dalam perbaikan manajemen yang ada di PT Telkom Malang khususnya bagian marketing speedy.Design/methodology/approach–Dalam Penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan kuantitatif. Dan jenis dari penelitian kuantitatif ini adalah asosiatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey. Penelitian ini juga melalui pengujian hipotesis yang selanjutnya dilakukan uji statistik. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah disiplin kerja (X1), dan lingkungan kerja (X2). Dan Variabel dpenden disebut sebagai variabel output, criteria, konsekuen atau disebut variabel terikat adalah Produktivitas Kerja Pegawai.Findings –Adanya perngaruh yang sangat tinggi antara disiplin kerja dengan produktivitas kerja dan Terdapat perngaruh yang sangat besar dalam pengelolaan lingkungan kerja yang baik dengan produktivitaskerja, hal ini dilihat dari analisa yang di dapatkan berdasarkan hasil olah data yang dilakukan peneliti.Research limitations/implications –Analisis kuantitatif merupakan salah satu teknik yang hanya mengandalkan hasil kuisioner, hal ini membutuhkan pengetahuan decision-making untuk pemilihan metodologi yang akan digunakan. Studi kasus seperti ini berasal dari sektor publik perusahaan, beroperasi di wilayah malang. kesimpulan / temuan tidak diberlakukan secara universal Originality/value–Penelitian ini dilakukan pada marketing external yang manjadi tenaga marketing PT Telkkom , metode penelitian ini menggunakan metode asosiasi dengan menggabungkan wawancara secara lisan dan juga penambahan kuisioer dan juga hasil dari perkembangan yang terlah dilakukan. Sehingga lebih reliable dan menggambarkan kondisi riil. Dan saya berharap ada yang lebih mendalam tentang hal ini karena di khususkan dengan dua variable yang paling mencolok dankeliahatan.
PROYEKSI BEP, RC RATIO DAN R/L RATIO TERHADAP KELAYAKAN USAHA (STUDI KASUS PADA USAHA TAOGE DI DESA WONOAGUNG, TIRTOYUDO, KABUPATEN MALANG) Arief Yuswanto Nugroho; Anudiyan Amir Mas'ud
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 01 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.395 KB)

Abstract

Purpose – pada latar belakang peneltiian ini adalah untuk mengetahui proyeksi kelayakan usaha terhadap usaha Taoge di desa Wonoagung Tirtoyudo Kabupaten Malang, dengan menggunakan proyeksi BEP, RC Ratio dan R/L Ratio. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui usaha taoge layak untuk di jalankan dan digunakan dalam rangka meningkatkan pendapatan dan peningktan perekonomian keluarga. Design/methodology/approach–Dalam Penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey. Penelitian ini juga melalui pengujian hipotesis yang selanjutnya dilakukan uji statistik. Variabel yang di ukur adalah dengan menggunakan analisa BEP, RC Ratio dan R/L Ratio sehingga mampu mewakili bahwa usaha tersebut bisa dan layah untuk dilanjutkan warga desa. Findings – Analisis analisa BEP, RC Ratio dan R/L Ratio dianggap mampu untuk merepresentasikan bahwa usaha tersebut mampu dan layak untuk dikerjakan lebih lenjut. Data yang diperoleh dijadikan rujukan untuk kelayakan usaha dalam memaksimalkan pendapatan keluarga desa Wonoagung Tirotyudo Kabupaten Malang. Research limitations/implications –Analisis kuantitatif merupakan salah satu teknik yang hanya mengandalkan hasil kuisioner dan data di lapangan, hal ini membutuhkan pengetahuan decision-making untuk pemilihan metodologi yang akan digunakan. Studi kasus seperti ini berasal dari pelaksanaan pengabdian masyarakat yang sudah dilakukan sebelumnya. Sehingga untuk menggeneralisasi di daerah lain perlu untuk dilakukan penelitian lainya lebih lanjut. Analisa BEP, RC Ratio dan R/L Ratio merupakan analisa dasar sehingga untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa menambahkan analisa lainya untuk memperoleh hasil kelayakan usaha pada usaha Taoge Originality/value – Penelitian melakukan analisa usaha yang di anggap mampu dan mudah dalam mengaplikasikannya. Dengan studi analisis kelayakan usaha ini diharapkan mampu memberikan gambaran bahwa usaha layak untuk dilanjutkan karena menggunakan modal yang kecil, dan mendapatkan keuntungan setiap melakukan kegiatan produksi. Dalam pelaksanaan metode yang di gunakan adalah analisa BEP, RC Ratio dan R/L Ratio adalah analisa dasar yang di gunakan untuk mengetahui kelayakan sebuah usaha.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN ATM DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA KCP “BANK BRI MALANG” Agus Wiastono; Ferra Eka Ramadhani
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 01 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.164 KB)

Abstract

Purpose–Mengukur kepuasan pelanggan sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam rangka mengevaluasi posisi perusahaan saat ini dibandingkan dengan pesaing dan pengguna akhir, serta menemukan bagian mana yang membutuhkan peningkatan. Pengertian kepuasan atau ketidakpuasan konsumen merupakan hasil dari adanya harapan atau tingkat kepentingan konsumen dengan kinerja yang dirasakan setelah mengkonsumsi suatu barang atau jasa.Design/methodology/approach –Adapun metode analisa data yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda dan di kombinasikan dengan analisa jalur sehingga mengetahui bagian mana yang menunjukan pengaruh yang lebih kuat.Findings – ditemutkan bahwa Kualitas layanan mampu meningkatkan loyalitas nasabah sehingga nasabah bisa melakukan pembelian ulang kepada produk yang di tawarkan.Research limitations/implications–penelitian ini hanya berpusat pada penelitian yang menggunakan vaariable kualitas dan kepuasan saja sehingga perlu adalanya uji lebih lanjut untukmendapatkan pengaruh otensial dari loyalitas nasabah, sehingga implikasinya mampu meningkatkan kemampuan perusahaan dalam meningkatkan keuntungan dari loyalitas nasabahOriginality/value–penelitian ini menggunakan metode path sehingga nilai eror yang di munculkan bisa menggambarkan nilai pangaruh yang paling signifikan antara kualitas layanan dan kepuasan nasabah