Berkala Ilmiah Kimia Farmasi
Vol. 7 No. 2 (2020): DESEMBER

Pengaruh Sumber Karbon Organik Terhadap Produksi Protease Fibrinolitik Bacillus Sphaericus BM 9.1 Dengan Solid State Fermentation (SSF)

Afrilia Diana Fitri (Departemen Kimia Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Campus C Jl. Dr. Ir. H. Soekarno)
achmad Toto Poernomo (Departemen Kimia Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Campus C Jl. Dr. Ir. H. Soekarno)
Muhammad Faris Adrianto (Departemen Kimia Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Campus C Jl. Dr. Ir. H. Soekarno)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2021

Abstract

Enzim fibrinolitik merupakan kelompok enzim protease serin yang mampu menghancurkan bekuan darah (fibrin) pada berbagai penyakit trombotik. Sumber enzim fibrinolitik dapat diperoleh dari mikroorganisme. Bacillus sp merupakan salah satu mikroorganisme yang berpotensi menghasilkan enzim fibrinolitik. Medium memiliki peran penting dalam menumbuhkan dan memproduksi enzim fibrinolitik. Dalam medium, sumber karbon yang cukup diperlukan untuk pertumbuhan bakteri. Dalam fermentasi mikroba, sumber karbon sangat diperlukan untuk pembentukan biomassa dan produksi energi. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media Nutrient agar yang ditambahkan sumber karbon organik. Sumber karbon yang digunakan adalah glukosa, fruktosa, sukrosa, dan pati dengan konsentrasi masing-masing 1% b/v. Penambahan sumber karbon dengan konsentrasi 1% b/v pada medium menunjukkan pengaruh yang berbeda terhadap produksi enzim fibrinolitik oleh Bacillus sphaericus BM 9.1. Jadi di antara semua sumber karbon yang diuji, fruktosa menghasilkan indeks fibrinolitik tertinggi (2,86 ± 0,03). Langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan konsentrasi sumber karbon fruktosa. Optimasi konsentrasi fruktosa diuji pada konsentrasi 1%, 2%, 3%, dan 4%. Semua konsentrasi telah diuji, konsentrasi fruktosa 1% b/v menghasilkan indeks fibrinolitik tertinggi (2,82 ± 0,04).  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BIKFAR

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Medicine & Pharmacology

Description

to facilitate interaction, discussion, and updating of research ideas in the fields of pharmacy, Pharmaceutical Chemistry, Medicinal Chemistry, Drug Development, Organic synthesis, Analytical chemistry, Pharmaceutical Technology, Pharmaceutical Microbiology and Biotechnology, Pharmacology and ...