Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa
Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP CITRA DESTINASI DARI CANDI BOROBUDUR, MANDALIKA, LABUAN BAJO DAN DANAU TOBA

Olivia Irena (Unknown)
Devina Christie (Unknown)
Sienny Thio (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2020

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk membahas lebih jauhpersepsi masyarakat terhadap citra destinasi yang terbagi dalam citra kognitif danafektif dari empat destinasi meliputi Candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo,dan Danau Toba. Responden yang diperoleh berjumlah 400 orang responden yangdiperoleh melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwaCandi Borobudur memperoleh citra destinasi secara umum sebagai tempat wisatabersejarah, Mandalika dan Labuan Bajo memperoleh citra destinasi secara umumsebagai tempat wisata alam yang indah, sedangkan Danau Toba memperoleh citradestinasi secara umum sebagai tempat wisata alam yang indah dan bersejarah.Kata Kunci: citra destinasi, citra kognitif, citra afektifABSTRACTThis research use descriptive analysis to discuss the public perception ofthe image of the destination which is divided into cognitive and affective imagesof four tourist destinations including Borobudur Temple, Mandalika, Labuan Bajo,and Toba Lake. Research respondents obtained amounted to 400 respondentsobtained through questionnaires. The results of the study showed that the image ofeach tourist destination which was developed by government was also beperceived by respondents. Borobudur Temple obtains destination images ingeneral as historical attractions, Mandalika and Labuan Bajo obtain destinationimages in general as beautiful natural attractions, while Toba Lake obtainsdestination images in general as a beautiful and historic natural tourist attraction.Keywords: destination image, cognitive, affective

Copyrights © 2019