Al-Mursyid : Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (IKABKI)
Vol 1, No 2 (2019): JURNAL AL-MURSYID EDISI JULI-DESEMBER

PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PENGENALAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA DI MAL UIN-SU MEDAN

Khairuddin Tambusai (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini mengenai pengaruh layanan informasi yang dilaksanakan guru bimbingan dan konseling terhadap pengenalan lingkungan belajar yang terjadi pada siswa MAL UIN Sumatera Utara Medan. Layanan informasi yang diberikan adalah memperkenalkan dan menyampaikan sejumlah informasi yang dibutuhkan siswa, khususnya yang berkaitan dengan pengenalan lingkungan belajar sehingga siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Subjek penelitian ini adalah siswa MAL UIN Sumatera Utara TP 2016/2017 yang jumlah keseluruhannya terdiri dari kelas X, XI dan XII, jumlahnya terdapat 308 orang siswa. Sedangkan sebagai sampel diambil 1 kelas yaitu X.2 sebanyak 48 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan selain observasi, wawancara dan studi dokumen digunakan angket yaitu mengenai pelaksanaan layanan informasi (30 pertanyaan) dan pengenalan lingkungan belajar (32 pertanyaan), sedangkan teknik analisa data yang digunakan khususnya mengenai korelasi antara pelaksanaan layanan informasi dengan pengenalan lingkungan belajar adalah teknik korelasi Produc Moment Setelah dilakukan analisis dan perhitungan terhadap korelasi antara layanan informasi denganlingkungan belajar siswa sebesar rxy= 0,648, tingkat hubungan ini termasuk pada kategori interval tingkat hubungan sedang. Untuk mengetahui apakah korelasi antara variabel layanan informasi dengan variabel lingkungan belajar siswa diterima atau tidak maka nilai r hitung tersebut dibandingkan dengan nilai rtabel . Nilai rtabel untuk n=48 dan taraf signifikansi α = 5% adalah 0,284. Di dapat nilai rhitung > nilai rtabel atau 0,648 > 0,284, maka dapat disimpulkan layanan informasi memilikihubungan yang signifikan dengan lingkungan belajar siswa MAL UIN Sumatera Utara. Maka dari hasil perhitungan koefesien di atas dapat diketahui bahwa sebesar 41,96% lingkungan belajarsiswa MAL UIN Sumatera Utara dipengaruhi oleh layanan informasi dan sisanya sebesar 58,04% adalah merupakan faktor dari luar penelitian ini.Kata Kunci : Layanan Informasi, Pengenalan Lingkungan Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

almursyid

Publisher

Subject

Education Other

Description

Al-Mursyid Journal published by IKA BKI FITK, State Islamic University of North Sumatera Medan, Medan City, North Sumatera Province,Indonesia Al-Mursyid Journal is published since 2019 for Vol.1, No.1 and have gotten ISSN Print on March 14, 2019 and ISSN Online on 25 February, 2020. This journal ...