Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 8, No 1 (2020): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi

PROFIL KETERAMPILAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

Muhammad Ridwan (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO)
Fachrul Ramdhan (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan literasi sains peserta didik pada konsep pencemaran lingkungan di salah satu sekolah menengah pertama di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII  berjumlah 8 kelas di salah satu SMP di Kota Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total sampel 2 kelas yang berjumlah 55 peserta didik . Keterampilan literasi sains diukur dengan  indikator yang dikembangkan oleh Gormally. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, nilai rata-rata keterampilan literasi sains peserta didik adalah 36% dalam kategori kurang sekali. Hasil dari masing-masing indikator keterampilan literasi ilmiah adalah sebagai berikut: (1) mengidentifikasi argument  ilmiah yang valid sebesar 34% dalam kategori kurang sekali, (2) mengevaluasi validasi sumber sebesar 18% dalam kategori kurang sekali, (3) mengevaluasi penggunaan dan penyalahgunaan informasi ilmiah sebesar 14% dalam kategori kurang sekali, (4) memahami elemen-elemen desain penelitian sebesar 64% dalam kategori cukup, (5) menunjukkan grafik secara tepat yang diberikan sebesar 42% dalam kategori kurang sekali, (6) membaca dan menginterpretasikan representasi grafik sebesar 65% dalam kategori cukup, (7) memecahkan masalah menggunakan kesimpulan kuantitatif sebesar 42% dalam kategori kurang sekali, (8) memahami dan menginterpretasikan statistik dasar sebesar 22% dalam kategori kurang sekali, (9) melakukan inferensi,prediksi dan penarikan kesimpulan sebesar 36% dalam kategori kurang sekali.  Kata Kunci: Keterampilan Literasi Sains, Pencemaran Lingkungan, Peserta Didik SMP

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...