Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 8, No 2 (2020): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi

STUDI DOKUMENTER HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PjBL PADA SISWA KELAS VII MTsN 11 CIAMIS

Teni Setia Mulyani (SD Negeri 1 Sindang Laya)
Euis Erlin (Universitas Galuh)
Lia Yulisma (Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2020

Abstract

Tujuan studi dokumenter ini untuk mengetahui keefektifan model PjBL serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keefektifan model PjBL terhadap hasil belajar psikomotor siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di MTsN 11 Ciamis. Penelitian ini merupakan penelitian secara kualitatif melalui pendekatan triangulasi. Instrumen yang digunakan dokumen hasil belajar psikomotor, kuesioner wawancara, serta beberapa dokumen lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar diantaranya RPP, bahan ajar yang digunakan, serta media pembelajaran. Subjek penelitian adalah dokumen hasil belajar psikomotor siswa kelas VII A. Sampel diambil secara acak sederhana (Simple Random Sampling). Teknik analisis data melalui reduksi, menyajikan data, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar psikomotor berada dalam kategori sangat baik. Ketercapaian hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari diri siswa maupun dari lingkungan belajar. Faktor yang dapat mempengaruhi keefektifan penggunaan model PjBL diantaranya: (1) kelompok diskusi, (2) rasa tidak mudah putus asa, dan (3) serta motivasi siswa untuk belajar. Tambahkan kesimpulan dan  implikasi hasil penelitian Kata kunci: PjBL, Keefektifan, dan Hasil Belajar Psikomotor

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...