Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 8, No 2 (2020): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA SMP BERBASIS PESANTREN

Euis Pipieh Rubiana (Universitas Galuh Ciamis)
Dadi Dadi (Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar IPA siswa SMP berbasis pesantren. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 12 - 17 Mei 2014 di SMP Islam Terpadu Miftahul Huda II Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan sampel yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Data penelitian diambil dengan menyebar angket dengan 18 item pernyataan disertai wawancara secara mendalam kepada siswa sampel terpilih. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan pendekatan kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar IPA terdiri dari faktor intrinsik yang terdiri kebutuhan, harapan, cita-cita siswa dan faktor ekstrinsik yang terdiri dari penghargaan dan kondisi lingkungan. Sedangkan faktor-faktor yang tidak mempengaruhi motivasi belajar IPA antara lain minat dan kemampuan (intrinsik), dorongan keluarga dan kondisi sekolah (ekstrinsik). Kata kunci: motivasi belajar, faktor intrinsik, faktor ekstrinsik, pesantren

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...