Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 8, No 1 (2020): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi

HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN STRUKTUR MAKRO & MIKRO DENGAN PENGUASAAN JUDUL TEKS

Adun Rusyana (UNIVERSITAS GALUH)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis kelebihan dan kekurangan mahasiswa yang memiliki keterampilan superior berpikir kreatif dalam penguasaan judul teks, struktur makro, dan struktur mikro,  (2) menguji hubungan antara penguasaan struktur makro & mikro dengan penguasaan judul teks. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) penguasaan struktur makro mempunyai hubungan yang signifikan dengan penguasaan struktur mikro, (2) penguasaan struktur makro mempunyai hubungan yang signifikan dengan penguasan judul teks, (3) penguasaan struktur mikro mempunyai hubungan yang signifikan dengan penguasaan judul teks, (4) penguasaan struktur makros & mikro berhubungan secara simultan dan signifikan dengan penguasaan judul teks. Subjek penelitian terdiri atas mahasiswa Prodi. Biologi semester VI pada salah satu PTS Swasta di wilayah Provinsi Jawa Barat tahun akademik 2019 (N=28). Metoda penelitian ini adalah deskriptif analitik dan uji korelasi ganda. Simpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Mahasiswa yang memiliki keterampilan superior berpikir kreatif memiliki keunggulan dalam penguasaan struktur makro dan lemah dalam penguasaan struktur mikro & judul teks, (2) Tetdapat hubungan yang signifikan anatra penguasaan struktur makro dan mikro, (3) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan struktur makro dan judul teks, (4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan struktur mikro dan judul teks, (4) penguasaan struktur makros & mikro tidak berhubungan secara simultan dan tidak signifikan dengan penguasaan judul teks.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...