Prosiding SNATIF
2017: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan informatika (BUKU 3)

ANALISIS KUALITAS JASA PADA MASKAPAI PENERBANGAN RUTE DOMESTIK TARIF MENENGAH KEBAWAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN METODE IMPORTANCE AND PERFORMANCE ANALYSIS

Tannady, Hendy (Unknown)
Andrea, Billy (Unknown)
Nurprihatin, Filscha (Unknown)
Lusiani, Mirna (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini menggunakan metode analisis Service Quality untuk mengetahui gap antara harapan pelanggan terhadap atribut jasa dan tingkat kepuasan yang dirasakan dan metode analisis Importance and Performance Analysis untuk menentukan kategori dari suatu atribut dan dapat menentukan prioritas yang harus dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Hasil dari analisis data adalah terdapat 11 atribut pada maskapai penerbangan Lion Air dan 12 atribut pada maskapai penerbangan Citilink yang masih memiliki gap score yang tergolong tinggi, dan kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian adalah dari 22 atribut pelayanan pada setiap maskapai penerbangan terdapat 2 atribut Lion Air dan 5 atribut Citilink yang menjadi prioritas perbaikan karena memiliki pengaruh besar bagi kepuasan pelanggan dan tergolong dalam kategori tobe improved dalam IPA.  Kata kunci: maskapai penerbangan, service quality, importance and performance analysis

Copyrights © 2017