Daya Tarik Wisata terbagi menjadi beberapa jenis yaitu daya tarik wisata alam,buatan, dan budaya. Dalam penelitian ini Festival termasuk dalam daya tarik wisatabuatan, yang harus memenuhi potensi wisata yaitu Something To Do, Something ToSee, Something To Buy, aksesbilitas, dan amenitas. Tujuan penelitian ini untukmengetahui pengelolaan dan mengembangkan potensi wisata di Festival KotaLama Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan 10responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dandokumentasi. Analisi kualitatif menggunakan pengolahan data dari hasil temuandata, kemudian di analisis dan dikembangkan hingga mendapat kesimpulan. Hasilpenelitian menujukan bahwa dalam Festival Kota Lama Semarang memenuhipotensi wisata, aksesbilitas, dan amenitas. Selain itu juga ditemukan bagaimanapengelolaan, upaya pengembangan dan kesulitan dalam pengelolaan yang dapatdikembangkan serta diberikan saran untuk penyelesaian.Kata Kunci: Festival, Something To Do, Something To See, Something To Buy,Aksesbilitas, Amenitas, Pengelolaan, Pengembangan
Copyrights © 2021