cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal@stiepari.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@stiepari.ac.id
Editorial Address
Jl. Lamongan Tengah No.2, Bendan Ngisor, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50233
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata
ISSN : 14115077     EISSN : 27748987     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian, ulasan ilmiah dan informasi lainnya di bidang pariwisata dan perhotelan. terbit 3 kali dalam setahun (Januari, Mei dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 122 Documents
STUDI TENTANG FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS TAMU DI HOTEL NOVOTEL SEMARANG Wijoyo, Tuwuh Adhistyo
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 1 (2017): GEMAWISATA JANUARI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya hotel yang berdiri di Semarang beberapa tahun terakhir yang membuat semakin ketat persaingan dalammembuat tamu datang kembali ke hotel atau dengan kata lain tamu tersebut loyal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel brand terhadapvariabel loyalitas, pengaruh variabel fasilitas terhadap variabel loyalitas danvariabel yang paling mempengaruhi loyalitas tamu. Populasi penelitian ini adalahseluruh tamu Novotel Semarang dan dengan teknik non random sampling diambil 100 orang sebagai responden untuk mengisi kuesioner dalam mengambil data untuk diteliti dengan menggunakan skala likert sebgai penilaian.Data dianalisis menggunakan uji regresi berganda, menunjukkan bahwa pengaruh terhadap loyalitas lebih besar variabel brand daripada variabel fasililitas. Kemudian dengan hasil R square peneliti menyimpulkan bahwa fasilitas merupakan bagian daribrand sehingga tidak mempunyai pengaruh terhadap loyalitas dan brand sendirimerupakan bagian kecil dari Novotel Semarang sehingga tidak cukup kuat untuk mempengaruhi loyalitas. Novotel Semarang sebaiknya meningkatkan fasilitas dan terus mengajak tamu untuk menjadi member Accor agar tamu semakin mengenal Kata Kunci : Brand, Fasilitas, Loyalitas
PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA S2 RESTORAN SEMARANG Yaqin, Ainul; Hutomo, Rubyah
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 14, No 1 (2018): GEMAWISATA JANUARI 2018
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada S2 Restoran Semarang. yang bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian yang mana mengalami kondisi kurang memadai baik advertising, personal selling, sales promoiton, serta hubungan masyarakat karena kondisi semua komponen promosi bebera kurang efektivitas meningkat konsumen dalam membeli produk sehingga mempengaruhi keputusan pembelian seorang konsumen yang berkunjung ke objek ini. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 97 responden. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pihak pengelola maupun keputusan pembelian konsumen. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent, uji model, uji hipotesis, dan namun sebelum dilakukan uji tersebut dilakukan dahulu uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa peningkatan bauran promosi terhadap keputusan pembelian. Maka hasil uji analisis regresi berganda menunjukkan nilai F yang signifikan, dengan nilai korelasi determinasi R2 square sebesar 0,579. Hal ini menunjukkan bahwa semua bauran promosi mempengaruhi secara nyata terhadap keputusan pembelian konsumen secara bersama-sama dengan keeratan hubungan sebesar 57,9%. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan keputusan pembelian perlu adanya peningkatan seluruh bauran promosi yang baik
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN TAMU MENGINAP DI ALLSTAY HOTEL SEMARANG Candra, Danish Kusuma; Listyorini, Haniek
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 2 (2017): GEMAWISATA JULI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara Bauran Pemasaran terhadap keputusan tamu menginap di Allstay Hotel Semarang, serta untuk mengetahui dimensi manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan tamu menginap. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan analisis kuantitatif sedangkan desain penelitiaannya adalah regresi dan korelasi yang terdiri dari satu faktor atau lebih. Data yang digunakan ada dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Alat dalam penelitian ini adalah, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jumlah sampel dalam penelitian merupakan responden sebanyak 89 tamu Allstay Hotel Semarang. Berdasarkan hasil SPSS, hipotesis (baik secara parsial maupun simultan) pada taraf teruji signifikansi dan positif berpengaruh dengan persamaan regresi sebagai berikut :serta terbukti bahwa dimensi Produk berpengaruh paling besar terhadap variabel Y (keputusan menginap) dengan koefisien regresi sebesar 0,506. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dari empat dimensi produk, harga, lokasi, dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan tamu menginap di Allstay Hotel Semarang. Jadi apabila bauran pemasarannya baik, maka keputusan menginap meningkat.
DAYA TARIK WISATA JUMPRIT DI KABUPATEN TEMANGGUNG BERDAMPAK TERHADAP MINAT KUNJUNGAN Kusuma, Gati Wisnu Aji
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 15, No 3 (2019): GEMAWISATA SEPTEMBER 2019
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Kabupaten Temanggung terdapat suatu tempat yang memiliki daya tarik wisata dan berpotensi menarik minat kunjungan wisatawan, yaitu Jumprit yang berada di Desa Tegalrejo, Kec. Ngadirejo, Kab. Temanggung, Jawa Tengah. Namun pada setiap harinya Jumprit mengalami penurunan pengunjung atau wisatawan. Berdasarkan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk melakukan daya tarik wisata Jumprit berdasarkan pada unsur-unsur daya tarik yang dimiliki oleh daya tarik wisata tersebut yang meliputi : 1. Orisinality, 2. Variatif, 3. Scarcity, 4. Wholesomeness, 5. Uniqueness, 6. Totality, diharapkan akan berdampak positif terhadap minat kunjungan wisatawan seperti menambah minat kunjungan wisatawan atau
Pelayanan Konsumen di Warung Makan SOB Balungan Babe di Demak Nugroho, Agung Afrilian
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 16, No 2 (2020): GEMAWISATA MEI 2020
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepuasan konsumen tentu tidak mudah karena konsumen mempunyai sifatyang berbeda-beda sebagaimana dari kebutuhan manusia yang tidak terbatasdisamping dipengaruhi oleh kondisi eksternal dan internal lainnya yang berakibatlangsung terhadap perilaku konsumen. Faktor eksternal yang dimaksud meliputikebudayaan, sub budaya, kelas sosial, kelompok sosial, kelompok referensi, dankeluarga. Sedangkan faktor internal adalah faktor yang ada pada diri konsumen itusendiri (psikologis) yang meliputi: belajar, kepribadian, dan konsep diri,sertasikap (Stanton,1996). Oleh sebab itu konsumen harus dapat mengendalikanperubahan perilaku tersebut dengan berusaha mengimbanginya, yakni denganmempengaruhi konsumen dalam membeli produk jasa yang ditawarkan danmelalui evaluasi berkala demi kelangsungan hidup produsen itu sendiri. Tidaksemua kualiatas Warung Makan diminati oleh sebagian besar konsumen yang ada,tetapi hanya beberapa saja. Warung Makan SOP Balungan Babe Demakmerupakan salah satu Warung Makan yang menjual sop dan gado-gado diKabupaten Demak. Pengambilan keputusan dalam memilih Warung Makan SOPBalungan Babe Demak yang menyediakan produk berupa makanan, jasapelayanan dan pengiriman tidak hanya didasarkan pada harga saja tapi banyak hallainnya yang menjadi bahan pertimbangan, misalnya kualitas makanan, kualitasjasa, pengiriman, kepercayaan terhadap pelaksanaan service dan tingkat kepuasanyang diperoleh.
PENGARUH GARNISH COKLAT PADA BLACKFOREST SEBAGAI DESSERT TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HOTEL GRAHA SANTIKA SEMARANG Wijoyo, Tuwuh Adhistyo
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 11, No 1 (2014): GEMAWISATA Mei 2014
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring dengan semakin berkembang pesatnya dunia kuliner dalam hotel banyak  menu makanan yang ditawarkan untuk menarik perhatian tamu. Salah satunya adalah blackforest yang dianggap merupakan   hidangan  yang  cukup  memberikan kepuasan kepada  tamu karena  rasanya  yang khas  dan bentuknya  yang menarik.  Salah satu pendukung menu  cake ini adalah  garnish,  yang merupakan bahan makanan  tambahan yang sifatnya menambah blackforest menjadi  lebih menarik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penggunaan garnis pada hidangan Blackforest terhadap kepuasan tamu di Hotel Santika Premier Semarang.
POTENSI BUDAYA LOKAL DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA INDONESIA Prihantini, Lilies
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 14, No 2 (2018): GEMAWISATA JULI 2018
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang merupakan sumber daya tarik utama dan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan keragaman wisata yang berbasis pada sumber daya warisan budaya.Budaya lokal masyarakat Indonesia yang berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lain merupakan hal yang menjadikan bangsa Indonesia unik. Pariwisata merupakan sector ekonomi penting di Indonesia. Kekayaan alam dan budaya lokal merupakan komponen penting dalam pariwisata Indonesia. Pariwisata budaya merupakan jenis pariwisata yang menawarkan kebudayaan yang berupa atraksi budaya, baik yang bersifat tangible maupun intangible, juga yang bersifat budaya yang masih berlanjut dan warisan budaya masa lalu, sebagai daya tarik utama untuk menarik kunjungan wisatawan. Tetapi perlu disadari bahwa pengembangan pariwisata budaya juga harus memperhatikan unsur konservasi/ pelestarian dan perlindungan, serta keberlanjutan budaya tersebut, termasuk potensi budaya lokalnya
PENGARUH KEPERCAYAAN DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI HOTEL @HOM SEMARANG Hutomo, Adli Nursasmita; Maria, Aletta
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 2 (2017): GEMAWISATA JULI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Loyalitas konsumen sangat penting artinya bagi pihak manajemen hotel untuk menjaga kepercayaan. Pelanggan yang loyal adalah konsumen yang sangat puas dengan pelayanan yang diberikan, sehingga mempunyai antusiasme untuk memperkenalkannya kepada siapapun yang konsumen kenal. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kepercayaan dan fasilitas terhadap loyalitas pelanggan di Hotel @Hom Semarang. Populasi adalah seluruh konsumen yang menginap di Hotel @Hom Semarang minimal lebih dari 2 (dua) kali, dengan jumlah sampel sebesar 96 responden.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling.. Alat analisis penelitian menggunakan regresi linier berganda dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, memberikan pengertian bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan pada hotel, maka tentu akan semakin menambah tingginya loyalitas pelanggan dalam menggunakan hotel tersebut. Fasilitas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, memberikan pengertian bahwa semakin fasilitas yang diberikan pihak hotel lengkap dan berfungsi dengan baik, maka tentu akan menambah loyalitas pelanggan dalam menginap. Hasil pengujian simultan bahwa kepercayaan dan fasilitas secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan menginap tamu, memberikan pengertian bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan pada hotel dan didukung dengan fasilitas yang memadaimaka tentu akan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan dalam menginap. Kepercayaan merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan di Hotel @Hom Semarang
PENGARUH AMENITAS DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI TAMAN MARGASATWA SEMARANG Sari, Dewi Ratna
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 15, No 2 (2019): GEMAWISATA MEI 2019
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikanantara amenitas dan aksesibilitas terhadap kepuasan wisatawan di Taman MargasatwaSemarang, serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan pengaruhnyaterhadap kepuasan wisatawan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metodesurvey dengan analisis kuantitatif sedangkan desain penelitiannya adalah regresi dankorelasi yang terdiri dari satu faktor atau lebih. Data yang digunakan ada dua jenis yaitudata primer dan data sekunder. Alat dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, dandokumentasi. Jumlah sampel dalam penelitian merupakan responden sebanyak 100pengunjung Taman Margasatwa Semarang. Berdasarkan hasil SPSS, hipotesis (baiksecara parsial maupun simultan) pada taraf teruji signifikan dan positif berpengaruhdengan persamaan regresi, Y = 0,395 X1 + 0,191 X2 serta terbukti bahwa variabelamenitas berpengaruh paling besar terhadap variabel Y (kepuasan wisatawan) dengankoefisien regresi sebesar 0,395. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dari duavariabel Amenitas dan Aksesibilitas, Amenitas yang paling berpengaruh positif terhadapkepuasan wisatawan di Taman Margasatwa Semarang. Jadi apabila amenitas baik, makakepuasan wisatawan meningkat.Kata Kunci: Amenitas, Aksesibilitas, dan Kepuasan Wisatawan
Peranan Tenaga Casual untuk Memperlancar Kinerja Food and Beverage Department di Laras Asri Resort and SPA Widyaningrum, Lutfi Tyas Candra
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 16, No 1 (2020): GEMAWISATA JANUARI 2020
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Laras Asri Resort and Spa Salatiga yang bertujuanuntuk menjawab pertanyaan: Bagaimana peranan tenaga casual di Laras AsriResort and Spa Salatiga. Apakah strategi yang digunakan Laras Asri Resort andSpa untuk memaksimalkan kinerja tenaga casual. Manfaat apa yang di dapat LarasAsri Resort and Spa dengan adanya tenaga casual. Penelitian ini menggunakanmetode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancaradan studi dokumentasi. Peneliti menggunakan 5 orang sebagai responden denganrincian 2 responden tamu, 1 responden tenaga casual, 3 responden manajemenLaras Asri and Spa. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1. Dalammelakukan peranannya yaitu sebagai tenaga bantu lepas di Laras Asri Resort andSpa Salatiga tenaga casual sudah bekerja cukup baik dan sangat membantu kinerjahotel 2. strategi tersendiri dalam mengatasinya salah satunya adalah demganmelakukan pengawasan dan pengarahan kepada tenaga casual baik sebelum,sesudah maupun selama bekerja, 3. Penggunaan tenaga casual di Laras AsriResort and Spa mempunyai pengaruh penting dan memberikan manfaat yangpositif bagi Laras Asri Resort and Spa Salatiga terutama pada bagian Food andBeverage Department karena selain mengurangi beban pegawai tetap juga dapatmembantu semua pekerjaan di food and beverage department serta dapat menekanpengeluaran.

Page 1 of 13 | Total Record : 122