JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang
Vol 8, No 2 (2021): JeLAST Juni 2021

IDENTIFIKASI TINGKAT PELAYANAN PASAR SERUNI KELURAHAN SAIGON KECAMATAN PONTIANAK TIMUR

Ghaibiyah, Husnol (Unknown)
Wulandari, Agustiah (Unknown)
Ayuningtyas, Riska A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Pelayanan pasar yang baik dapat dilihat dari tingkat pelayanan apakah tinggi, sedang atau rendah. Tingkat pelayanan terdiri atas kondisi sarana dan prasarana pasar, aktivitas pasar, karakteristik pedagang, komoditas jual, jenis barang dagangan, model penjualan, jumlah item, luas lahan parkir, luas lantai usaha, kebersihan dan kenyamanan, dan aksesibilitas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat pelayanan pasar. Sasaran yang akan dicapai yaitu mengidentifikasi gambaran umum kondisi pasar Seruni, menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan pelayanan pasar Seruni, serta mengidentifikasi tingkat pelayanan pasar Seruni. Teknik pengumpulan data observasi dan survei dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi foto. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis distribusi frekuensi, data populasi dengan jumlah yang diamati dari hasil observasi yaitu 11 toko. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat pelayanan di Pasar Seruni berada pada tingkat sedang, kekurangan yang ada pada fasilitas di pasar dapat ditutupi dengan variabel lain seperti kenyamanan dan kebersihan serta pelayanan yang diberikan oleh pedagang selalu diusahakan untuk meningkat.Kata kunci: pasar seruni, kondisi pasar, faktor yang berpengaruh, tingkat pelayanan pasar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMHMS

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Pesatnya perkembangan di dunia pendidikan mengakibatkan peningkatan kebutuhan terhadap bangunan tinggi sebagai sarana dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bersumber pada Standar Nasional Indonesia (SNI 1726-2019) mengenai Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung ...