Jurnal Nasional Holistic Science
Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Nasional Holistic Science

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS SEMESTER GENAP KELAS X MULTIMEDIA DI SMKS IBNU KHOLDUN AL-HASYIMI TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Ahmad Bashori (a:1:{s:5:"en_US"
s:20:"STKIP PGRI Situbondo"
})

Arico Ayani Suparto (STKIP PGRI Situbondo)
Rahmat Shofan Razaqi (STKIP PGRI Situbondo)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis semester genap kelas X multimedia di SMKS Ibnu Kholdun Al-Hasyimi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X multimedia yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan meliputi angket problem based learning dan angket keaktifan siswa. Hasil penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji korelasi, didapatkan hasil bahwa ada hubungan antara variabel bebas (independen) dan variabel terikat (dependen) Karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu t hitung sebesar 0,801 dan t tabel sebesar 0,3739. Pada garis regresi linear diperoleh garis Y = 6, 47 + 0, 85 dengan ketentuan konstanta (a) sebesar 6.474 sedangkan nilai koefisien garis regresi X (b) sebesar 0.851. Pada uji kolerasi menunjukkan bahwa berpengaruh positif dilihat hasil nilai R square sebesar 64,2% dan 35,8% dipengaruhi oleh metode pembelajaran lainnya. Pada uji t didapatkan hasil t hitung = 6.818 dan t tabel = 0.3739 sehingga terdapat hubungan antara variabel x dan variabel y dikarenakan t hitung lebih besar dari t tabel.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

HS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Ilmu Holistik yang diterbitkan oleh Lembaga Riset Mutiara Akbar, Medan, Indonesia merupakan jurnal akses terbuka yang dapat digunakan sebagai media interaksi bagi seluruh cendikiawan di berbagai bidang pendidikan, ilmu sosial dan penelitian. Pokok bahasannya meliputi studi tekstual dan kerja ...