cover
Contact Name
Elfrianto
Contact Email
elfrianto@umsu.ac.id
Phone
+6281265748641
Journal Mail Official
larisma2021@gmail.com
Editorial Address
JL. Durung No. 85, Sidorejo Hilir, Kec. Medan Tembung Kota Medan – Sumatera Utara – Kodepos 20222
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Nasional Holistic Science
ISSN : -     EISSN : 27987027     DOI : -
Ilmu Holistik yang diterbitkan oleh Lembaga Riset Mutiara Akbar, Medan, Indonesia merupakan jurnal akses terbuka yang dapat digunakan sebagai media interaksi bagi seluruh cendikiawan di berbagai bidang pendidikan, ilmu sosial dan penelitian. Pokok bahasannya meliputi studi tekstual dan kerja lapangan dengan berbagai perspektif tentang pendidikan, ilmu sosial, penelitian serta berbagai perspektif dalam kepentingan pendidikan. Jurnal ini bekerja untuk Cendekiawan, peneliti, dosen, serta profesor dari berbagai institusi dan afiliasi di dunia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 69 Documents
Perubahan Perilaku Sosial Penggunaan Smartphone Peserta Didik Maria Indryani Febriyanti Ade; Nur Chotimah; Nurdin H. ABD. Rahman
Holistic Science Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Nasional Holistic Science
Publisher : Lembaga Riset Mutiara Akbar NOMOR AHU-0003295.AH.01.07 TAHUN 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.197 KB) | DOI: 10.56495/hs.v1i1.13

Abstract

The world is eyeing the development of smartphones where their use is not only used as a medium of communication but as a medium of entertainment and education. This study aims to determine changes in the social behavior of students' smartphone use in one of the high schools in the East Nusa Tenggara SikkaDistrict. This study uses a qualitative approach to measuring research data collection tools using observation, interviews, and documentation. Based on the results of the study found that changes in social behavior can be seen from the interaction and socialization in the school environment both during school breaks and when teaching and learning activities take place. Behavior change is found, character shifts have an impact on the school environment's lack of oral communication, and more choose to enjoy their smartphone than reading books in the library. The measuring rod of smartphone usage by students is their independence in doing school work, which can be accessed via the internet and electronic books as supporting media in the learning process
Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Kemampuan Peserta Didik SMK Negeri TKJ di Kabupaten Sikka Benedikta Yulianti Hale; Nur Chotimah; Dian Ernaningsih
Holistic Science Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Nasional Holistic Science
Publisher : Lembaga Riset Mutiara Akbar NOMOR AHU-0003295.AH.01.07 TAHUN 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.008 KB) | DOI: 10.56495/hs.v1i1.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan handphone pada pembelajaran dan dampaknya terhadap kemampuan kognitif peserta didik SMK Negeri TKJ di Kabupaten Sikka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Informan dalam penelitian ini berjumlah delapan (8) informan yang terdiri dari tenaga pendidik dan peserta didik.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pihak sekolah mengizinkan menggunakan handphone di sekolah sebagai media pembelajaran, namun dibawah pengawasan guru. Penggunaan handphone dalam proses belajar mengajar menunjukkan bahwa peserta didik sangat aktif dalam belajar, meningkatkan motivasi dan prestasi belajar. Tetapi ada dampak lain penggunaan handphone adalah mengurangi konsentrasi dan kemampuan kognitif peserta didik akibat dari penggunaan handphone secara berlebihan atau diluar instruksi dari tenaga pendidik
Peran Guru PKn Dalam Meningkatkan Karakteristik Peserta Didik di SMP Negeri 2 Maumere Maria Carolindra Yeneti; Rodja Abdul Natsir; Khaidir Khaidir
Holistic Science Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Nasional Holistic Science
Publisher : Lembaga Riset Mutiara Akbar NOMOR AHU-0003295.AH.01.07 TAHUN 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.096 KB) | DOI: 10.56495/hs.v1i1.15

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru PKN dalam meningkatkan karakteristik peserta didik serta mendeskripsikan hambatan-hambatan guru PKN dalam meningkatkan karakteristik peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif yakni mendeskripsikan peran guru PKN dalam meningkatkan karakteristik peserta didik melalui data yang didapatkan dari kepala sekolah, guru PKN dan peserta didik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkap beberapa hal penting yaitu peran guru PKN sebagai fasilitator, sebagai pembimbing, sebagai suri tauladan, sebagai pendamping dan peran guru pkn sebagai motivator. Adapun hambatan guru PKN dalam meningkatkan karakteristik peserta didik yaitu kepribadian peserta didik atau individu, kurangnya perhatian orang tua, pergaulan teman serta lingkungan masyarakat
The Effect of Open-Ended Cooperative Learning on Students' Civic Education Learning Outcomes Ryan Taufika; Juriati Ginting
Holistic Science Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Nasional Holistic Science
Publisher : Lembaga Riset Mutiara Akbar NOMOR AHU-0003295.AH.01.07 TAHUN 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.242 KB) | DOI: 10.56495/hs.v1i1.16

Abstract

Learning is basically the provision of knowledge given to students by students, using various models, strategies and methods in learning, not forgetting to also pay attention to students' psychological factors. A common problem faced in learning is that it is still difficult to express opinions during learning. This study uses a quantitative method which was carried out at SMK PAB 2 Helvetia which is located at Jalan Veteran, Manunggal Village, Kec. Labuhan Deli. Data were collected by means of observation and interviews, questionnaires, documentation and triangulation. The data were analyzed using analytical techniques using Product Moment. The sample of this study was taken based on the total sampling method, by taking the entire population as a sample. From the data obtained by researchers, it can be concluded that there is an effect of Open Ended (X) cooperative learning on student learning outcomes in Civics subjects with Human Rights (Y) material at the level of ? t?_hitung>t_tabel, namelyt_(hitung )=5,638 t_(tabel )= 1,and the correlation result r_xy = 0,700 is greater thant_tabel= 0,334 (0,700 > 0,334) then Ho is rejected and Ha is accepted, so the conclusion is "there is an effect of Open Ended cooperative learning on student learning outcomes in Civics subjects with human rights material students of class X RPL-2 SMK PAB 2 Helvetia
Uji Efektivitas Fungisida Nabati (Kombinasi Tepung Jagung dan Ekstrak Daun Sirsak) Dalam Mengendalikan Penyakit Layu Fusarium (Fusarium Oxysporum) Pada Tanaman Cabai Alya Nur Abdila; Melinia Maduratna
Holistic Science Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Nasional Holistic Science
Publisher : Lembaga Riset Mutiara Akbar NOMOR AHU-0003295.AH.01.07 TAHUN 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.96 KB) | DOI: 10.56495/hs.v1i1.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui keefektifan fungisida nabati dari kombinasi tepung jagung dan ekstrak daun sirsak dalam mengendalikan penyakit layu fusarium pada tanaman cabai. Dimana uji efektivitas fungisida nabati (kombinasi tepung jagung dan ekstrak daun sirsak) dalam mengendalikan penyakit layu fusarium (Fusarium oxysporum) pada tanaman cabai menggunakan dua metode yaitu metode eksperimen dan metode studi pustaka. Sampel yang di gunakan adalah tepung jagung dan ekstrak daun sirsak yang akan di uji pada tanaman cabai. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa fungisida nabati dari kombinasi tepung jangung ekstrak daun sirsak efektif penghambatannya karena daya toksisitasnya yang tinggi pada daun sirsak serta tepung jagung yang mampu mengikat zat yang terdapat dalam ekstrak daun sirsak serta juga mampu menyeimbangkan pH tanah tersebut menyebabkan dapat menghambat pertumbuhan koloni jamur Fusarium oxysporum. This study aims to determine the effectiveness of vegetable fungicides from a combination of corn flour and soursop leaf extract in controlling fusarium wilt disease in chili plants. Where to test the effectiveness of vegetable fungicides (a combination of corn flour and soursop leaf extract) in controlling fusarium wilt disease (Fusarium oxysporum) in chili plants using two methods, namely the experimental method and the method of literature study. The samples used were corn flour and soursop leaf extract to be tested on chili plants. The results of this study indicate that the vegetable fungicide from the combination of corn flour and soursop leaf extract is effective in inhibiting it because of its high toxicity in soursop leaves and corn flour which can bind substances contained in soursop leaf extract and is also able to balance the soil pH causing it to inhibit the growth of fungal colonies Fusarium oxysporum
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMKS IBNU KHOLDUN AL-HASYIMI TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Ummy Heny; Rahmat Shofan Razaqi; Arico Ayani Suparto
Holistic Science Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Nasional Holistic Science
Publisher : Lembaga Riset Mutiara Akbar NOMOR AHU-0003295.AH.01.07 TAHUN 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.126 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas metode pembelajaran blended learning dalam peningkatan minat belajar siswa kelas X multimedia SMKS Ibnu Kholdun Al-Hasyimi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah 2 guru multimedia dan seluruh peserta didik kelas X Multimedia yang berjumlah 28 peserta didik. Pada analisis data, penelitian ini diawali dengan pengumpulan data, pada pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Dari ke tiga puluh narasumber tersebut cukup membuktikan bahwa metode pembelajaran blended learning efektif digunakan sebagai metode pembelajaran dalam peningkatan minat belajar siswa
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS SEMESTER GENAP KELAS X MULTIMEDIA DI SMKS IBNU KHOLDUN AL-HASYIMI TAHUN PELAJARAN 2020-2021 Ahmad Bashori; Arico Ayani Suparto; Rahmat Shofan Razaqi
Holistic Science Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Nasional Holistic Science
Publisher : Lembaga Riset Mutiara Akbar NOMOR AHU-0003295.AH.01.07 TAHUN 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.558 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis semester genap kelas X multimedia di SMKS Ibnu Kholdun Al-Hasyimi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X multimedia yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan meliputi angket problem based learning dan angket keaktifan siswa. Hasil penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji korelasi, didapatkan hasil bahwa ada hubungan antara variabel bebas (independen) dan variabel terikat (dependen) Karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu t hitung sebesar 0,801 dan t tabel sebesar 0,3739. Pada garis regresi linear diperoleh garis Y = 6, 47 + 0, 85 dengan ketentuan konstanta (a) sebesar 6.474 sedangkan nilai koefisien garis regresi X (b) sebesar 0.851. Pada uji kolerasi menunjukkan bahwa berpengaruh positif dilihat hasil nilai R square sebesar 64,2% dan 35,8% dipengaruhi oleh metode pembelajaran lainnya. Pada uji t didapatkan hasil t hitung = 6.818 dan t tabel = 0.3739 sehingga terdapat hubungan antara variabel x dan variabel y dikarenakan t hitung lebih besar dari t tabel.
PENGEMBANGAN SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS WEB DENGAN GOOGLE SITE DI SMK NURUL BAROKAH muhammad suryadi; siti seituni; dyan yuliana
Holistic Science Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Nasional Holistic Science
Publisher : Lembaga Riset Mutiara Akbar NOMOR AHU-0003295.AH.01.07 TAHUN 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1214.003 KB)

Abstract

Suryadi, M. 2021. “Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) di SMK Nurul Barokah”. Pendidikan Teknologi Informasi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia. Sistem informasi ini yang meliputi kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) yang akan mempermudah calon siswa baru untuk mendaftarkan diri di SMK Nurul Barokah tanpa harus datang kesekolah untuk mendaftar, lebih-lebih pada saat pandemi seperti sekarang ini yang mana pemerintah melarang untuk berkerumun. Perangkat lunak sistem informasi penerimaan peserta didik baru di SMK Nurul Barokah berhasil dibuat dengan menggunakan Google site & Zoho Form . Sistem ini mampu mengelola pendaftaran dengan baik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Reserch and Development ( R & D). Berdasarkan penilaian persense oleh ahli media 100% sangat layak, penilaian oleh ahli materi 90 % sangat layak dan penilaian dari 4 orang user menytakan 80 % layak dan 20% menyatakan kurang layak.
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI CAPCUT PADA MATA PELAJARAN DESAIN PUBLIKASI MATERI PHOTOSHOP DASAR SISWA KELAS XI JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMK AL – FALAH PESANGGRAHAN KECAMATAN JANGKAR KABUPATEN SITUBONDO septian firmansah; Firman Jaya firman; Siti Seituni Siti Seituni
Holistic Science Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Nasional Holistic Science
Publisher : Lembaga Riset Mutiara Akbar NOMOR AHU-0003295.AH.01.07 TAHUN 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.562 KB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Aplikasi CapCut Pada Mata Pelajaran Desain Publikasi Materi Photoshop Dasar Siswa Kelas XI Jurusan Desain Komunikasi Visual SMK Al – alah Pesanggrahan Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo” ini bertujuan untuk mengetahui Kelayakan dari Video Pembelajaran di SMK Al – Falah Pesanggrahan Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) atau sering dibilang RND dengan mengunakan metode Deskriptif Kulaitatif. Narasumber dalam Penelitian kali ini adalah Guru dan juga seluruh Siswa Kelas XI Jurusan DKV. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode yaitu Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Setelah itu dalam pengolahan data akhir peneliti mengunakan Reduksi Data, Display Data, dan Penarikan Kesimpulan untuk mengetahui kelayakan dari Video Pembelajaran ini. Dari semua narasumber, video pembelajaran ini layak untuk digunakan pada Kelas XI Jurusan DKV pada Mata Pelajaran Desain Publikasi.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON PADA MATA PELAJARAN VIDEOGRAFI SISWA KELAS XI JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL TAHUN PELAJARAN 2020- 2021 SMK AL – FALAH PESANGGRAHAN Zainal Abidin; Rahmat Shofan Razaqi; Yesi Puspitasari
Holistic Science Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Nasional Holistic Science
Publisher : Lembaga Riset Mutiara Akbar NOMOR AHU-0003295.AH.01.07 TAHUN 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (967.359 KB)

Abstract

Berdasarkan data prapenelitian yang dilakukan di SMK Al-Falah Pesanggrahan Jangkar dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara, peneliti menemukan permasalahan bahwa pembelajaran Dasar Videografi dilakukan dengan metode ceramah dan tidak didukung media buku paket Dasar Videografi sehingga guru mata pelajaran mencari buku elektronik sendiri yang ada di internet. Dengan metode ceramah yang monoton, penggunaan media yang kurang bervariasi dan menarik membuat siswa kurang berminat untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi powtoon dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi powtoon pada mata pelajaran Videografi kelas XI Desain Komunikasi Visual SMK Al-Falah Pesanggrahan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 6 langkah yaitu : (1) Analisis Kebutuhan (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Produk (5) Revisi Produk (6) Uji Coba Produk. Pengambilan sampel 10 orang siswa 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan siswa kelas XI Desain Komunikasi Visual SMK Al-Falah Pesanggrahan. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunujukkkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi powtoon berdasarkan ahli materi mendapatkan kategori layak dengan skor rata-rata 34 dan ahli media mendapatkan kategori layak dengan skor rata-rata 37. Berdasarkan respon siswa media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi powtoon mendapatkan kategori setuju dengan skor rata-rata 73,9. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi powtoon layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.