Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 8 No 6: Desember 2021

End User Computing Satisfaction : Model Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (Studi Kasus)

Aditia Angga Perdana (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta)
Meinarini Catur Utami (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta)
Qurrotul Aini (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2021

Abstract

Toyota Sales Operation atau dikenal sebagai AUTO2000 adalah bagian dari perseroan terbuka PT. Astra yang beroperasi di sektor otomotif dan sudah menjalankan beberapa servis untuk menaikkan kepuasan pelanggan. Salah satunya dengan menghadirkan AUTO2000 Mobile, sebagai fasilitas pemesanan servis kendaraan secara online yang bertujuan untuk memudahkan pengguna untuk mempercepat proses bisnis dan mengurangi bahkan menghilangkan durasi waktu mengantri. Namun dalam penerapannya masih banyak kekurangan maupun kelemahan yang dirasakan pengguna di antaranya masih ada bugs, tidak ada fitur real-time chat serta beberapa pengguna masih kesulitan menggunakan aplikasi tersebut. Capaian riset ini adalah menginvestigasi tingkat kepuasan pelanggan dan memperoleh variabel signifikan yang berdampak pada kepuasan pelanggan Aplikasi AUTO2000 Mobile. Metode riset ini menerapkan End-User Computing Satisfaction (EUCS) dengan cara kuantitatif dan diseminasi kuesioner mendapatkan informasi dari objek penelitian. Populasi dalam riset ini adalah pemakai AUTO2000 Mobile. Dari populasi tersebut terpilih sebanyak 252 responden dan diseminasi kuesioner dilaksanakan melalui daring dan membagikan secara langsung dengan cara simple random sampling. Setelah itu, data yang dikumpulkan diolah dengan program Microsoft Excel 2016 serta PLS-SEM mengoperasikan tool SmartPLS 3.2.7. Hasilnya, terdapat 5 jalur yang diuji, H0 ditolak untuk empat variabel dan H0 diterima untuk satu variabel. Terdapat empat variabel yang berpengaruh signifikan pada kepuasan pelanggan AUTO2000 Mobile yaitu: accuracy, content, format dan ease of use. AbstractToyota Sales Operation or known as AUTO2000 is part of the public company PT. Astra that engaged in the automotive sector and has done several service improvements to increase customer satisfaction. One of them is by presenting AUTO2000 Mobile, which is an online vehicle service ordering facility that is implemented to make it easier for users, therefore it is considered to speed up business processes and reduce or even eliminate the duration of the queue. But in its implementation there are still many shortcomings and weaknesses felt by users including bugs, there is no real-time chat feature, and some users still have difficulty using the application, hence it is prominent to conduct study dealing with end-user satisfaction. The aim of this research is to analysis of end-user satisfaction level and determine the variables that impact end-user satisfaction of the AUTO2000 Mobile Application. This research method deals with End-User Computing Satisfaction (EUCS) with a quantitative approach and questionnaire distribution to obtain data from respondents. The research subject in this study are AUTO2000 Mobile users. The population consist of 252 respondents and questionnaires are distributed online and offline with simple random sampling. Furthermore, the obtained data were analyzed using Ms. Excel 2016 and with the PLS-SEM approach using SmartPLS 3.2.7. The result, from the 5 paths tested, H0 is rejected for four variables and H0 is accepted for one variable. There are four variables that have a significant effect on customer satisfaction of AUTO2000 Mobile, namely: accuracy, content, format and ease of use.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JTIIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya (UB), Malang sejak tahun 2014. JTIIK memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. JTIIK berkomitmen ...