Perguruan Tinggi di Indonesia telah menerapkan berbagai fasilitas teknologi informasi untuk mendukung pengelolaan administrasi akademik, proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya Universitas Terbuka yaitu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia. Universitas Terbuka berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa dan dosen dengan menerapkan sistem pembelajaran modern secara jarak jauh. Salah satu fasilitas teknologi informasi yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar secara jarak jauh adalah penerapan E-Learning (https://elearning.ut.ac.id/). Sistem tersebut sudah digunakan cukup lama oleh mahasiswa Universitas Terbuka Malang tetapi belum ada evaluasi untuk memastikan aspek manfaat dan kegunaannya. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian untuk evaluasi terhadap penerimaan sistem informasi E-Learning. Penelitian ini menggunakan teori End User Computer Satisfaction atau EUCS. EUCS mendefinisikan lima variabel bebas yaitu isi, akurasi, bentuk, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu serta satu variable terikat yaitu kepuasan. dua Penelitian ini dilakukan kepada 35 responden mahasiswa pengguna E-Learning di Universitas Terbuka dengan pengambilan sampel di mahasiswa UPBJJ Malang dan sekitarnya. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas layanan E-Learning.
Copyrights © 2021