JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
Vol. 5 No. 2 (2019): November 2019

Penggunaan Media Plano Kalender Bekas untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik pada Materi Pidato Persuasif di Kelas IX SMP

Robertus Adi Sarjono Owon (SMP Swasta Ketolik Virgo Fidelis Maumere Jalan Ahmad Yani, 29 Maumere NTT 86111)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2019

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1)mengetahui sejauh mana penggunaan media pembelajaran Plano Kalender Bekas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan (2)mengetahui dampak penggunaan media pembelajaran Plano Kalender Bekas pada materi pidato persuasif di kelasĀ  IX SMPK Virgo Fidelis Maumere. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan penelitian kualitatif. Media plano kalender bekas merupakan media non-digital real-visual yang memanfaatkan barang bekas sebagai peantara dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IXC SMPK Virgo Fidelis dengan subjek penelitian 30 peserta didik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media plano kalender bekas dapat secara signifikan meningkatkan partisipasi (aspek sikap) dan hasil belajar peserta didik. Sikap peserta didik pada siklus I menunjukkan 3 dari 5 kelompok mendapat kategori BAIK dan pada siklus II menunjukkan peningkatan yakni 5 kelompok mendapat kategori BAIK dan AMAT BAIK. Hasil belajar siklus I menunjukkan perentase daya serap mencapai 74,1% meningkat menjadi 80,5% pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 73% meningkat menjadi 90% pada siklus II.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jinop

Publisher

Subject

Education

Description

JINoP acts as medium of publicating the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the ...