Jurnal Kajian Pariwisata
Vol 3 No 2 (2021): Jurnal kajian Pariwisata

Tugas Dan Tanggung Jawab Room Attendant di Hotel The Luxton Bandung

Muhammad Rifqi Nugraha (Unknown)
Ramdani Setiyariski (Akademi Pariwisata Bina Sarana Informatika Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

ABSTRAK Hotel merupakan salah satu industri penyedia jasa akomodasi yang sangat penting khususnya di bidang pariwisata. Dalam menjalankan operasionalnya, hotel tidak terlepas dari departemen-departemen dan section yang ada di dalamnya, salah satunya Room Attendant.yang sangat berperan penting dalam pelayanan kebersihan, keindahan, kerapihan , dan kenyamanan kamar hotel agar tamu yang menginap merasa puas terhadap kualitas layanan hotel tersebut.Untuk mencapai tingkat kepuasan tamu yang optimal terhadap hotel maka seorang room attendant Harus Senantiasa bekerja sesuai prosedur dan standar yang ditetapkan oleh hotel Dan harus memahami tugas dan tanggung jawab. Dalam menyelesaikan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yakni penelitian yang menggambarkan data informasi yang berdasarkan dengan kenyataan (fakta) yang diperoleh dilapangan.Tujuan penulisan yang dilakukan adalah untuk mengetahui penerapan Standard Operasional Procedure ( SOP ) Room Attendant , mengetahui Hambatan yang dihadapi Room Attendant, serta untuk mengetahui solusi Room Attendant dalam mengatasi hambatan Saat membersihkan kamar di hotel the luxton bandung. ABSTRACT Hotels are one of the most important accommodation service providers, especially in the tourism sector. In carrying out its operations, the hotel cannot be separated from the departments and sections in it, one of which is Room Attendant, which plays an important role in the cleanliness, beauty, tidiness, and comfort of hotel rooms so that guests who stay feel satisfied with the quality of the hotel's services. .To achieve the optimal level of guest satisfaction with the hotel then a room attendant Must always work according to the procedures and standards set by the hotel And must understand the duties and responsibilities. In completing this research, the author uses a qualitative descriptive research method, namely research that describes data information based on facts (facts) obtained in the field. Attendant, as well as to find out Room Attendant solutions in overcoming obstacles when cleaning rooms at the Luxton Bandung hotel.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Physics Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Pariwisata merupakan Jurnal yang bertujuan untuk mewadahi semua informasi hasil penelitian, telaah pustaka, makalah teknis, dan kajian buku, dari berbagai cabang Pariwisata dan Perhotelan. Diharapkan dengan adanya wadah penerbitan ini dapat berkontribusi dalam penyampaian informasi ...