AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 16, No 2 (2021): AKSES: JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

Implementasi Syari`ah Marketing serta Pengaruhnya terhadap Citra Pegadaian Syari`ah Cabang Semarang

Risti Lia Sari (Unknown)
Muhammad Agus Fauzi (Unknown)
Nur Sinta Afiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2021

Abstract

Di tengah situasi persaingan yang ketat, saat ini dengan banyaknya Lembaga Keuangan khususnya dibidang pemenuhan dana kepada Masyarakat. Pegadaian Syariah berdiri pada tahun 2003 dibandingkan Lembaga Keuangan lainnya. Maka dalam pembentukan Citra Pegadaian Syariah sangat berperan penting dalam menghadapi persaingan yang kompetitif, dan demi memenangkan market sharenya. Atas dasar tersebut, penelitian ini berusaha untuk menguji pengaruh implementasi syariah marketing terhadap citra Pegadaian Syariah cabang Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi syariah marketing terhadap citra Pegadaian Syariah cabang Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Pegadaian Syariah cabang Kaligarang, Johar, dan Hasanuddin, pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Kuesioner di distribusikan kepada Nasabah yang sedang melakukan transaksi di Pegadaian Syariah cabang kaligarang, Johar, Hasanuddin sebanyak 105. Tanggapan yang diperoleh dari 100 kuesioner dianalisa dengan menggunakan analisa regresi sederhana. Dan metode yang digunakan untuk menganalisis diskriptip kualitatif dengan wawancara Pegawai Pegadaian Syariah di kota Semarang. Hasil secara statistik menunjukan bahwa pengaruh variabel independen (implementasi syariah marketing) terhadap variabel dependen (Citra) mampu memberikan sumbangan sebesar 34.1%, sedang yang 65.9%, sisanya di jelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini (tidak diteliti) atau dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari hasil analisis deskriptip kualitatif implementasi syariah marketing sudah di terapkan di Pegadaian Syariah cabang Semarang. Secara kuantitatif pengaruh implementasi syariah marketing terhadap citra menunjukkan nilai t hitung 7,125 dan p value (Sig) sebesar 0.000 yang di bawah alpha 5%. Artinya bahwa syariah marketing berpengaruh terhadap citra Pegadaian Syariah Cabang Semarang.Kata Kunci : Citra, Implementasi, Pegadaian Syari`ah, Syari`ah Marketing

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AKSES

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis is a peer-reviewed journal which is published by Islamic Faculty Wahid Hasyim Semarang incorporate with the scholars association, is scientific journal in the field of economic studies published by Economic Faculty, Wahid Hasyim University, Semarang, Indonesia. It is ...