Jurnal Inovasi Pendidikan IPA
Vol 7, No 1: April 2021

Meta-Analisis Pembelajaran Kooperatif di Indonesia

Putri Utami (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Kadir Kadir (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Yanti Herlanti (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap pembelajaran Biologi. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu analisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap pembelajaran Biologi. Dari 70 jurnal mengenai pembelajaran kooperatif dianalisis lebih lanjut sebanyak lima belas jurnal nasional terakreditasi sinta 1 sampai 3 yang diterbitkan pada rentang tahun 2010-2019 pada jenjang SMP dan SMA, yang membahas penenelitian eksperimen penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap pembelajaran Biologi. Instrumen penulisan berupa lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi jurnal. Berdasarkan analisis nilai pengaruh secara keseluruhan didapatkan nilai rata-rata besar pengaruh sebesar 0,30 yang berarti dalam kategori efek besar. Temuan analisis juga menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif memberikan pengaruh dan efektif pada jenjang SMP dan SMA, juga pada semua wilayah penelitian yaitu Jawa, Kalimantan dan Sumatera, serta pada variabel terikat, dan berbagai jenis metode kooperatif yang digunakan. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif lebih efektif digunakan dalam pembelajaran Biologi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam studi ini. Meta-Analysis of Cooperative Learning in Indonesia'Abstract: This study aimed to analyze the effect of cooperative learning models on Biology learning. The method used is a meta-analysis that is analyzing research results that have been published nationally related to the use of cooperative learning models for Biology learning. From the 70 journals on cooperative learning, further analyzed were fifteen national journals accredited by Sinta 1 to 3 published between 2010-2019 at the junior and senior high school levels, which discussed experiments using cooperative learning models in Biology learning. The writing instrument is a coding data that summarizes the journal data and information. Based on the analysis of the overall effect value, the average value of the influence is 0.30 which means that it is in the large effect category. The findings of the analysis also show that the cooperative learning model is influential and effective at the junior and senior high school levels, as well as in all research areas, namely Java, Kalimantan and Sumatra, as well as on the dependent variable and various types of cooperative methods used. This shows the conclusion that the cooperative learning model is more effective in learning biology compared to the conventional learning model in this study

Copyrights © 2021