JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol 27, No 4 (2021): OKTOBER-DESEMBER

SOSIALISASI SADAR WISATA DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKASI PEMASARAN DI DESA NAMU SIALANG KECAMATAN BATANG SERANGAN

Budiman Purba (Universitas Dharmawangsa)
Rahmat Hidayat (Universitas Dharmawangsa)
Muya Syaroh Iwanda Lubis (Universitas Dharmawangsa)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2021

Abstract

AbstrakProgram Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan di desa Namu Sialang dengan mensosialisasikan sadar wisata dengan pendekatan komunikasi pemasaran. Diketahui bahwa peran komunikasi pemasaran menjalankan tujuan khusus dari pengabdian masyarakat dilakukan dengan kegiatan advertising, public relation, sales promotion dan personal selling, kegiatan ini nantinya akan dikemas dengan memberikan penguatan melalui aplikasi sains dan teknologi serta membuat model kebijakan. Pengabdian melalui Program Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metodologi kualitatif untuk mengungkapkan realitas sosial sesungguhnya. Informan yang dijadikan mitra adalah dari Kantor kepala Desa. Fokus Sosialisasi komunikasi pemasaran untuk memajukan kawasan wisata ini adalah melalui ketrampilan kerajinan tangan dan promosi secara online maupun langsung yang nantinya menjadi daya tarik turis lokal dan mancanegara. Dalam rangka mencapai tujuan yang tercantum di atas, maka ditempuh langkah-langkah sebagai rencana pengabdian kepada masyarakat yaitu : 1) menghubungi Pihak Kepala Desa untuk mendiskusikan topik yang hendak diabadikan yaitu Pemberdayaan Komunikasi Pemasaran yang produktif bagi masyarakat sekitar desa Kuala Gumuh melalui strategi komunikasi secara  langsung maupun promosi online. 2) mempromosikan Peluang Desa Wisata melalui kegiatan advertising, public relation, sales promotion dan personal selling dan dikemas melalui kemajuan informasi teknologi ataupun secara manual.           Kata kunci: Sosialisasi, Sadar Wisata, Komunikasi Pemasaran AbstractThe Community Service Program was carried out in Namu Sialang village by promoting tourism awareness with a marketing communication approach. It is known that the role of marketing communication in carrying out the special purpose of community service is carried out by advertising, public relations, sales promotion and personal selling activities, these activities will later be packaged by providing reinforcement through the application of science and technology and making policy models. This community service program uses a qualitative methodology to reveal the real social reality. The informant who became a partner was from the village head office. The focus of socialization of marketing communications to advance this tourist area is through handicraft skills and online and direct promotions which will later become an attraction for local and foreign tourists. In order to achieve the objectives listed above, the following steps are taken as a community service plan, namely: 1) contacting the Village Head to discuss the topic to be immortalized, namely Empowering productive Marketing Communications for the community around Kuala Gumuh village through direct communication strategies and online promotions. 2) promoting Tourism Village Opportunities through advertising, public relations, sales promotion and personal selling activities and packaged through advances in information technology or manually.       Keywords: Socialization, Tourism Awareness, Marketing Communication

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan (LPPM UNIMED) adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada ...