Jurnal Tataloka
Vol 23, No 4 (2021): Volume 23 No. 4, November 2021

Persepsi Wisatawan Terhadap Objek Wisata dan Pengelolaannya di Kabupaten Toraja Utara

Nurfaida Nurfaida (Natural Resources and Environmental Management Science Study Program, Postgraduate School|IPB, Bogor)
Hadi Susilo Arifin (Department of Landscape Architecture, Faculty of Agriculture|IPB, Bogor)
Santun R.P. Sitorus (Department of Soil Science and Land Resources, Faculty of Agriculture|IPB, Bogor)
Eriyatno Eriyatno (Center for Agriculture and Rural Development Studies|IPB, Bogor)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Kabupaten Toraja Utara memiliki potensi pariwisata yang dapat diandalkan sebagai daya tarik wisata, namun jika tidak dikelola dengan baik tidak dapat berkembang secara optimal. Salah satu faktor penyebab adalah kualitas layanan yang belum optimal. Makalah ini bertujuan menunjukkan hasil identifikasi persepsi wisatawan terhadap objek wisata dan pengelolaannya di Kabupaten Toraja Utara. Metode yang digunakan adalah model Servqual dan Importance Performance Analysis. Hasil menunjukkan bahwa seluruh butir pernyataan dari dimensi fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan kepastian, dan empati bernilai negatif. Kesenjangan negatif berarti wisatawan belum merasa puas dengan kualitas layanan objek wisata. Nilai kesenjangan paling tinggi adalah “sarana kuliner yang memadai” dengan nilai -2,19 dan -1,46. Pemetaan kinerja-kepentingan untuk wisatawan nusantara menunjukkan terdapat tiga butir pernyataan pada kuadran prioritas utama, yaitu “fasilitas jalan yang memadai menuju kawasan wisata, sarana keperluan pribadi lainnya yang memadai”, dan “pengelola mampu memberikan pelayanan yang cepat”. Menurut wisatawan mancanegara, terdapat dua butir pernyataan pada kuadran prioritas utama, yaitu “sarana informasi yang memadai” dan “kebersihan kawasan wisata”. Pengelola objek wisata dapat memprioritaskan strategi pengelolaan pada perbaikan sarana kuliner, sarana keperluan pribadi, sarana informasi, fasilitas jalan, kebersihan kawasan, dan pelayanan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tataloka

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Tataloka is a peer reviewed journal publishing scientific articles, focusing mainly on research and studies in the field of urban and regional planning. TATALOKA Journal is published quarterly by Biro Penerbit Planologi (Planologi Publishing), Diponegoro University every February, May, ...